Dishub Mesuji Inisiasi Pembentukan Forum LLAJ

Mesuji, Warta9.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Mesuji menginisiasi pembentukan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ). Pembentukan forum tersebut sesuai amanat undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang angkutan jalan, dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 37 tahun 2017 tentang keselamatan lalulintas dan angkutan jalan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mesuji Budiman Nainggolan mengatakan, pembetukan forum LLAJ juga merujuk pada Peraturan Presiden republik indonesia Nomor 1 Tahun 2022, tentang rencana umum nasional keselamatan lalulintas dan angkutan jalan (RUNK LLAJ).

Adapun kegiatan tersebut akan menyasar lima pilar antara lain, sistem yang berkeselamatan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan korban kecelakaan.

“Jadi Forum ini melibatkan lintas sektoral, sebagai upaya mewujudkan lima pilar dalam amanat perprea tersebut,” terang Budiman, Rabu (06/09/23) di ruang rapat Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mesuji.

Kendati begitu lanjut Budiman, pihaknya dalam waktu dekat akan meminta kepada Penjabat Bupati Mesuji untuk dapat menerbitkan Peraturan Bupati (Perbub) sebagai payung hukum Forum ini dapat berkerja sambil menunggu produk Peraturan Daerah (perda).

Rapat Sosialiasi pembentukan Forum LLAJ dibuka Asisten III Kabupaten Mesuji Agus Hariyanto, mewakili Sekretaris Daerah Syamsudin, S.Sos., dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji menyambut baik pembentukan forum tersebut.

“Forum ini bagus dengan tujuan yang baik, namun harus selalu dihidupkan komunikasi di lintas forum, jangan hanya di bahas di belakang meja saja,” terang Agus.

Ditempat yang sama, Kasat Lantas Polres Mesuji yang di wakili Kanit Keamanan dan Keselamatan Brigadir Polisi (Brigpol) Febri, memastikan pihak Polres Mesuji melalui Sat Lantas menyambut baik pembentukan Forum LLAJ, pihaknya berharap forum ini mampu menjadi sarana semua pihak untuk membantu mengkampanyekan keselamatan berlalulintas.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten III, Jajaran Dishub, Jasa Raharja, Polres Mesuji, Perusahaan, Pol PP, dan Beberapa Kepala OPD dan Kepala Desa di lingkup Pemerintahan Kabupaten Mesuji. (W9-San)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.