Gratis! Dinkes Tubaba Canangkan Imunisasi Massal Campak dan Rubella

Panaragan, Warta9.com – Pelaksana tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Barat Perana Putera, mencanangkan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) tingkat Provinsi Lampung, dan menargetkan Tubaba bebas dari penyakit campak dan infeksi rubela hingga 95 persen dari jumlah sasaran 70.910 anak, usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Pencanangan imunisasi tersebut berlangsung di SMPN 1 Gilang Tunggal Makarta, Kecamatan Lambu Kibang, Rabu (01/08).

Bupati Tulangbawang Barat Hi. Umar Ahmad, SP mengatakan pencanaganan kampanye imunisasi MR adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun, yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2018.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye (imunisasi massal) dan introduksi MR. “Program pencanangan kampanye tingkat nasional dan introduksi Measles Rubella ini dibagi menjadi dua fase, yakni pada Agustus-September 2018,” kata bupati.

Sementara Plt Dinkes Tubaba Perana Putera menjelaskan, selain melakukan sosialisasi, Dinas Kesehatan akan mengadakan imunisasi massal yang diberikan kepada seluruh sekolah. Imunisasi MR mulai dilaksanakan pada Agustus mendatang yang akan diberikan kepada anak usia dini sampai dengan 15 tahun yang dilaksanakan di seluruh sekolah SD, SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Tulangbawang Barat.

Sementara, untuk bulan September Imunisasi MR diberikan untuk bayi usia 9 bulan hingga 15 tahun dilaksanakan di posyandu, puskesmas, dan sarana kesehatan lainnya. “Imunisasi massal adalah salah satu upaya kita, dimana sebelumnya dilakukan dulu upaya kampanye,” ujar Perana.

Selain bupati juga hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Fauzi Hasan, Ketua TP-PKK Kornelia Umar, Kepala OPD Pemkab Tubaba dan seluruh elemen masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut. (W9-Joni)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.