Gubernur Arinal Djunaidi Apresiasi Semua Pihak yang Berkontribusi Dalam Penguatan Sistem Kesehatan

 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Ketua TP PKK Provinsi Riana Sari Arinal, Sekdaprov Fahrizal Darminto bersama penerima penghargaan di acara puncak HKN ke-59. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com — Gubernur Lampung Dr (H.C) Ir. Arinal Djunaidi menghadiri Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Rabu (29/11/2023).

Pada HKN kali ini, Gubernur Arinal memberikan apresiasi dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penguatan sistem kesehatan. Juga penghargaan bagi tokoh dan institusi yang berjasa dalam penanganan Covid-19. Mereka dinilai telah secara nyata memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat.

Kemudian, dilakukan pula pemberian bantuan sosial sembako kepada masyarakat miskin dan ibu hamil/ibu memiliki balita dalam program percepatan penurunan stunting. “Selamat HKN ke- 59 kepada segenap jajaran kesehatan, para pemangku kepentingan, mitra kesehatan dan seluruh elemen masyarakat,” ujar Arinal.

Hadir pada puncak HKN antara lain, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal yang menyerahkan penghargaan dan bantuan. Hadir pulamantan Kadiskes Dr. dr. Reihana, Plt Kadiskes dr. Edwin Rusli, M.KM, sejumlah Direkrut Rumah Sakit Daerah dan sejumlah pejabat.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 ini mengambil tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”.

“Peringatan HKN ke-59 di tahun ini dapat kita jadikan sebagai momentum untuk mewujudkan sistem kesehatan nasional yang lebih kuat sehingga mampu menghadapi tantangan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan sektor kesehatan menjadi salah satu program utama dalam mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

Ia menyebut berbagai capaian pembangunan kesehatan di Lampung juga terus mengalami peningkatan.

Seperti, pada tingkat Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dimana sudah 97,6% masyarakat Lampung telah tercover oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Lalu, berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2022, Lampung masuk dalam tiga besar provinsi dengan angka prevalensi stunting terendah secara nasional yaitu 15,2%.

Ini juga diikuti oleh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lampung tahun 2022 mencapai 70,45 persen. “Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) kita juga semakin baik. Harapannya yang baik ini juga diikuti seluruh rumah sakit termasuk di Kabupaten/Kota sampai pada tingkat Puskesmas,” ujar Fahrizal.

Fahrizal mengajak para insan kesehatan untuk terus meningkatan pelayanan kesehatan dan secara intensif mengajak warga untuk melakukan gerakan masyarakat hidup sehat.

Reihana Terima Penghargaan
Pada HKN ke-59 Tingkat Provinsi Lampung ini diserahkan berbagai penghargaan diantaranya Penghargaan Atas Jasa Penanganan Covid-19, Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas dan Rumah Sakit serta SDM Penunjang Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr. dr. Reihana menerima Penghargaan Atas Jasa Penanganan Covid-19.

Selanjutnya, penyerahan pemenang lomba Posyandu Berprestasi dan Kader Posyandu Berprestasi.

Lalu, diserahkan secara simbolis paket sembako sebesar Rp500 ribu kepada 1.880 KPM yakni masyarakat miskin dan ibu hamil/ibu memiliki balita dalam program percepatan penurunan stunting yang tersebar di 5 Kabupaten rawan stunting. (W9-jm)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.