oleh

Hari Hipertensi Sedunia, Ketua YJI Lampung Riana Sari Arinal Kampanyekan Panca Usaha Jantung Sehat

Riana Sari Arinal membuka sekaligus menjadi keynote speaker dalam Webinar memperingati Hari Hipertensi Sedunia. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Lampung Riana Sari Arinal, membuka sekaligus menjadi keynote speaker dalam Webinar memperingati Hari Hipertensi Sedunia dengan tema “Cegah dan Kendalikan Hipertensi untuk Hidup Sehat Lebih Lama”, di Hotel Emersia Bandarlampung, Selasa (17/5/2022).

Angka penderita hipertensi semakin hari semakin meningkat. Menurut Ketua YJI Lampung Riana Sari Arinal, hal ini disebabkan oleh perilaku masyarakat yang bertentangan dengan gaya hidup sehat. Misalnya, makan apapun yang mereka sukai tanpa melihat kebutuhan tubuh, merokok, jarang berolahraga, sering begadang dan lain-lain.

Di samping itu, kata Riana Sari, sebagian besar kebiasaan kita adalah jarang melakukan pemeriksaan kesehatan kecuali dalam keadaan sakit. Umumnya penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya menderita hipertensi, sehingga mereka tidak mendapatkan pengobatan yang memadai. Bila kondisi tersebut berlangsung terus dikhawatirkan mereka jatuh ke kondisi yang lebih berbahaya bahkan sampai dapat menyebabkan kematian.

Riana Sari menjelaskan, Yayasan Jantung Indonesia sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan di bidang kesehatan secara aktif terus mengkampanyekan pentingnya hidup sehat melalui ‚ÄúPanca Usaha Jantung Sehat”.

Panca Usaha Jantung Sehat yang dimaksud meliputi Seimbang gizi, Enyahkan rokok, Hindari stress, Awasi tekanan darah, dan Teratur berolahraga.

Berbagai upaya Panca Usaha Jantung Sehat ini dilaksanakan oleh Yayasan Jantung Indonesia Cabang Lampung melalui Klub Jantung Sehat yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan dan bahkan sampai ke tingkat desa. Sampai saat ini di Provinsi Lampung tercatat sudah ada 100 lebih Klub Jantung Sehat.

Mereka melakukan kegiatan senam massal secara rutin, melakukan pemeriksaan kesehatan dan mengkampanyekan perilaku hidup sehat ke seluruh masyarakat yang ada di wilayahnya.

“Ke depan diharapkan agar jumlah Klub ini terus bertambah dari hari ke hari sehingga Panca Usaha Jantung Sehat dapat diterapkan di masyarakat,” harap Riana Sari Arinal.

Riana Sari istri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ini juga berharap kepada seluruh yang hadir agar turut berperan aktif mengkampanyekan dan menerapkan gaya hidup sehat ke seluruh masyarakat Lampung sehingga masyarakat Lampung dapat tetap sehat.

“Dengan semakin banyak warga Lampung yang sehat maka semakin banyak warga Lampung yang sejahtera, sebagaimana visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, sehingga Lampung dapat Berjaya,” pungkas Riana Sari.

Sedangkan Narasumber dalam seminar ini yaitu; dr. Rony Mario Candrasatria, Sp, JP, FIHA, membahas masalah komplikasi hipertensi dan apa saja yang perlu diwaspadai. Kemudia narasumber dr. Tutik Ernawati, Sp, GK, M. Gizi, membahas peran Oral Nutrition Supplementation dalam menjaga kesehatan jantung. (W9-jam)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.