oleh

Menteri Agama Yaqut Cholil Buka INCOILS 2021 di Pringsewu

Pringsewu, Warta9.com – Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia membuka kegiatan International Conference on Islam Law and Society (INCOILS) 2021 di Hotel Urban Pringsewu, Selasa (21/12/2021) malam.

Kegiatan yang diinisiasi Forum Direktur Pascasarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (FORDIPAS – PTKIN) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI ini berlangsung dari tanggal 21-24 Desember 2021.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, INCOILS merupakan forum yang sangat penting, sehingga perlu diperbanyak paling tidak 3 kali dalam setahun. Hal tersebut karena pihaknya ingin membiasakan lingkungan akademik dan kalangan intelektual di bawah Kementerian Agama agar rajin mengasah otak dan ilmunya. “Kita ketahui bahwa knowledge is power. Semakin kita memiliki pengetahuan, tentunya semakin kita memiliki kekuatan,” ujar Menag.

Selain itu, Menteri Agama meminta hasil diskusi ini bisa menjadi pijakan Kementerian Agama dalam mengambil setiap kebijakan. Dimana dirinya menginginkan setiap kebijakan-kebijakan Kementerian Agama didasarkan dari hasil kajian ilmiah atau naskah akademik, dan bukan berdasarkan feeling semata. “Terus terang saja, selama ini kebijakan-kebijakan yang diambil lebih banyak didasarkan pada feeling daripada berdasarkan pertimbangan akademik yang bisa dipertanggungjawabkan,” kata Yaqut.

Menteri Agama juga berharap melalui kegiatan INCOILS 2021 ini dapat memberikan kontribusi, baik ide, gagasan dan hal-hal lain yang penting bagi kemaslahatan dan kemajuan bangsa dan negara.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Agama RI juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Pringsewu, yang telah menyiapkan tanah seluas 3,5 hektar agar dapat dibuat balai diklat. Terkait hal tersebut, ia akan membicarakan lebih lanjut di kementerian. “Kita bicarakan nanti di kementerian, soal pemanfaatannya untuk balai diklat. Mudah-mudahan bisa. Jadi bisa menjadi semacam markas besar untuk FORDIPAS dan Forum Rektor dalam menggodok semua agenda-agenda kedepan, yang bukan saja bermanfaat bagi kementerian, tetapi juga bagi bangsa dan negara,” tuturnya.

Kegiatan INCOILS 2021 ini juga dihadiri Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, STP, MT, Bupati Pringsewu Sujadi dan Sekretaris Daerah Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Prof. Dr. Suyitno, Ketua FORDIPAS Prof. Dr. Akhyak, M.Ag., para rektor beserta direktur pasca sarjana perguruan tinggi keagamaan Islam di bawah Kementerian Agama RI. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed