Penjabat Bupati Qudrotul Minta APDESI Bekerja Maksimal Layani Masyarakat

Menggala, Warta9.com – Penjabat (Pj) Bupati Drs. Qudrotul Ikhwan, MM menyampaikan selamat kepada pengurus DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tulang Bawang yang baru dilantik masa bhakti 2023-2028.

Kegiatan pelantikan dan pengukuhan DPC APDESI itu berlangsung di Gedung Musyawarah Mufakat (GMM) Jalan Cendana Menggala, Senin (28/08/2023).

“APDESI yang telah dilantik serta dikukuhkan, sehingga bisa memberikan warna spirit baru untuk membangun Tulang Bawang,” jelas Qudrotul

Ia mengucapkan selamat kepada pengurus APDESI yang baru saja dilantik dan dikukuhkan. Kepercayaan sebagai pengurus APDESI ini semoga menjadi tambahan motivasi agar kinerja sebagai Kepala Kampung dapat lebih meningkat.

Menurutnya, APDESI sebagai perpanjangan tangan Pemkab harus bekerja dengan maksimal dalam melayani masyarakat, terlebih saat ini setiap Kampung memperoleh Dana Desa (DD).”Saya tekankan supaya dalam proses pengelolaannya, ketertiban administrasi harus benar-benar diperhatikan,” ungkapnya.

Dia mengutarakan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan harus sesuai dengan peraturan dan dilaksanakan dengan tepat waktu. Transparansi dalam seluruh proses sangat dibutuhkan, sehingga apa yang dikerjakan dapat dipertanggungjawabkan didepan masyarakat Kampung.

Berkaitan dengan BLT DD dalam proses penyalurannya harus berjalan sesuai dengan aturan dan disalurkan secara tepat waktu.

“Dorong masyarakat penerima BLT DD untuk mengalokasikan dana itu, untuk hal yang bersifat produktif, seperti membeli hewan ternak maupun membeli bibit tanaman yang hasilnya dapat dikonsumsi sehari-hari yang membuat sektor ketahanan pangan dapat terpenuhi. Dan Kepala Kampung untuk taat aturan perihal pembayaran BPJS ketenagakerjaan,” ungkap dia.

Lebih lanjut Qudrotul mengatakan, masih banyak Kampung belum menyetorkan iuran BPJS itu, yang mana iuran itu wajib dibayarkan Kampung, bentuk gotong royong yang lain adalah pembayaran pajak.

Dia menghimbau kepada seluruh Kepala Kampung untuk memaksimalkan serapan PBB P2, yang pada tahun 2022 tidak memenuhi target 75%. Selain itu, serapan PPn, PPh 21, 22, dan 23 juga hanya beberapa Kampung yang sesuai dengan estimasi.

“Jadi dengan begitu, serapan pajak yang baik maka usaha untuk mensejahterakan masyarakat dan menciptakan Tulang Bawang sebagai Kabupaten “UDANG MANIS” (Unggul, Damai, Aman, Nyaman, Guyub, Mandiri, Agamis, Natural, Inovatif, Sejahtera) dapat dengan mudah tercapai. Untuk itu, Dia menekankan kepada seluruh masyarakat untuk dapat taat membayar pajak, ” terang dia. (W9-Wan)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.