Peringatan HPN 2021 Serentak se Indonesia, Tubaba Boyong Dua Anugerah PWI

KABUPATEN Tulangbawang Barat kembali menorehkan dua prestasi membanggakan tingkat nasional. Bumi Ragem Sai Mangi Wawai itu, mencatatkan sejarah menjadi salah satu daerah di Lampung yang sukses meraih penghargaan Anugerah Tjindarboemi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung.

Penghargaan diserahkan kepada Bupati Tulangbawang Barat, Umar Ahmad dengan kategori kepala daerah ‘Peduli Pers. Sementara Ketua DPRD, Ponco Nugroho dinobatkan sebagai penerima penghargaan kategori Pendorong Anggaran Pro-rakyat, pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, dan HUT PWI ke-75 secara virtual, di Sekretariat PWI Tulangbawang Barat, Selasa (9/2/2021).

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, juga dilakukan peresmian Balai Wartawan Prof. Bagir Manan di Kota Budaya Uluan Nughik, Tubaba. Peresmian ditandai penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati Tulangbawang Barat, Umar Ahmad.

Puncak HPN diselenggarakan serentak oleh PWI Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia secara virtual. Presiden Joko Widodo turut hadir dan menyapa Insan Pers, Gubernur, Bupati dan Walikota se Indonesia secara virtual dari Istana, Jakarta.

HPN kali ini dilaksanakan dengan protokol kesahatan Covid-19 secara ketat. Perayaan Hari Pers Nasional pada tahun 2021 mengangkat tema ‘Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi bersama Pers Sebagai Akselerator Perubahan’.

Presiden Joko Widodo mengatakan, bertepatan dengan Peringatan Hari Pers Nasional 2021 ini, pemerintah akan berusaha meringankan beban industri media. Dia menuturkan bahwa Pemerintah akan menanggung PPh 21 bagi awak media, sampai bulan Juni 2021 mendatang.

“Oleh karena itu pemerintah berusaha meringankan beban industri media, PPh 21 bagi awak media telah dimasukkan dalam daftar pajak yang ditanggung oleh pemerintah,” kata Jokowi.

Pemerintah juga menyiapkan sebanyak 5.000 dosis vaksin COVID-19 untuk diberikan kepada wartawan pada akhir Februari 2021 hingga awal Maret 2021. “Kita siapkan 5000 dosis vaksin khusus untuk wartawan,” ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua PWI Pusat Atal S. Depari berharap, insentif ekonomi untuk industri pers yang pernah dijanjikan pemerintah dapat segera diwujudkan. “Inilah salah satu kesimpulan dari konvensi nasional media massa yang kami selenggarakan kemarin,” jelas dia.

Atal mengatakan, pandemi COVID-19 yang menerjang dunia khususnya Indonesia, telah mengganggu keberlangsungan seluruh sektor, salah satunya industri media.

“Pers dan media pun sedang sakit, tapi pers dan media dituntut oleh tugas kemanusiaan menjadi jembatan komunikasi dan informasi,” ujar Atal.

Sementara Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad mengucapkan selamat Hari Pers Nasional. Dia juga mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan PWI sebagai kepala daerah ‘Peduli Pers.’

“Saya berharap HPN ini menjadi kesempatan untuk memperkokoh sinergi antara pers, pemerintah, dan masyarakat,” imbuhnya.

HPN 2021 menghadirkan serangkaian kegiatan, seperti webinar, bakti sosial, konvensi nasional media massa, penghargaan Anugerah Jurnalistik tertinggi Adinegoro, Anugerah Kebudayaan kepada 10 bupati/walikota serta acara puncak yang dipusatkan di Ancol, Jakarta Utara. (Nanda)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.