PTPS Ujung Tombak Pemilu Bersih, Ketua PWI Tubaba: Media Turut Mengawasi

Tubaba, Warta9.com – Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) menjadi pilar utama dalam memastikan jalannya proses demokrasi yang bersih, jujur, dan adil dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan digelar pada 14 Februari mendatang.

Dalam sebuah bimbingan teknis yang diselenggarakan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, pada Sabtu (3/2/2024) di Tiyuh (Desa) Makarti, Ketua PWI Tubaba, Dedi Priyono, S.H menekankan pentingnya integritas dan tanggung jawab PTPS sebagai sorotan utama.

Bacaan Lainnya

“Pemilu yang akan berlangsung serentak merupakan momen di mana rakyat berhak atas kebebasan demokrasi untuk memilih calon DPR RI, DPD, dan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pengawas TPS menjadi garda terdepan dalam menjaga integritas dan kejujuran demokrasi,” ujar Dedi Priyono dihadapan 131 Pengawas TPS se Kacamatan Tumijajar.

Ketua PWI Tubaba itu menegaskan larangan keras terhadap upaya PTPS yang bertugas untuk mempengaruhi atau mengintimidasi pemilih dalam menentukan pilihannya.

“Integritas dan ketaatan pada ketentuan dijadikan landasan utama bagi setiap PTPS dalam menjalankan tugas untuk menegakkan Demokrasi yang bersih dan Jurdil” kata Dedi

Menurutnya, meskipun jumlah Pengawas Tempat Pemungutan Suara tidak sebanding dengan jumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Dedi menegaskan bahwa setiap PTPS memiliki peran penting dalam mengawasi dan memastikan keberlangsungan proses demokrasi yang transparan.

“Pengawas TPS juga harus bijak menggunakan teknologi digital, terutama media sosial, dalam mengawasi pergerakan yang berkaitan dengan Pemilu 2024.” kata Dedi

Ia berharap setiap PTPS dapat memvisualisasikan hal-hal yang mengarah pada potensi kecurangan, seperti politik uang, intimidasi, dan sebagainya, serta berkoordinasi dengan pengawas diatasnya dan juga melibatkan media untuk mendukung kerja Panwas jika diperlukan.

“Media-media pers juga akan ikut mengawasi kerja-kerja penyelenggara pemilu. Jika KPPS, PPS diawasi oleh Panwas Desa dan PTPS, semua unsur penyelenggara itu juga akan diawasi oleh Jurnalis atau Media Pers sebagai pengawas partisipatif” kata Dedi

Seluruh PTPS diharapkan menjadi garda terdepan dalam menjaga integritas dan kejujuran demokrasi, menjadi harapan utama dalam mewujudkan proses pemilihan umum yang bersih bagi seluruh rakyat.

“Oleh karena itu dalam menjalankan tugasnya, PTPS harus cerdas, tegas, berintegritas, dan bersikap adil demi terwujudnya Pemilu 2024 yang bersih, jujur, dan adil, serta menjalankan fungsi sesuai kenetentuan,” pungkasnya. (W9-Nan)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.