Seorang ASN di Tulang Bawang Disinyalir Buka Koperasi Bodong

Menggala, Warta9.com – Nurman, Kasi Industri Dinas Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, disiyalir membuka koperasi simpan pinjam bodong di wilayah Kabupaten Tulangbawang Barat bernama Yeen Saputra.

Akan tetapi anehnya tidak ada kantor perwakilan cabang Koparesi itu di Tulang Bawang, lucunya lagi struktur nama koperasi tidak mengetahui dan tidak pernah melakukan rapat anggota tiga bulan sekali.

Bacaan Lainnya

Saat ditanya memberikan pinjaman kepada ASN Pemkab Tulang Bawang, ia mengakui dana pinjaman koperasi mulai dari Rp 2 Juta hingga Rp 10 dengan bunga 30 %.

“Untuk ansguran selama 10 bulan, pembayaran mereka melalui bendara Dinas masing-masing,” ungkap Nurman kepada awak media saat ditemuai di ruang kerjanya, Rabu (24/01/2024).

Namun ketika ditaya keberadaan Sekretariat Kantor Koperasi tersebut, dia mengaku berada di wilayah Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat.

Akan tetapi Kantor koperasi itu bergabung dengan rumah yang ditempati ketua koperasi, Saripudin. Namun, alamat kantor yang disebutkan Nurman, tidak pernah terlihat plang nama kantor.

“Pelangnya sempat dibuat, tapi karena orang yang datang banyak jadi kami lepas,” kilahnya

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Koperasi Simpan Pinjam Yeen Saputra itu diduga merupakan usaha bodong dan milik pribadi yang didirikan Kasi Industri Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tulang Bawang, Nurman.

Nurman berupaya menyangkal dugaan itu dengan klaim bahwa tiap tahunnya selalu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Namun Nurman, tidak dapat memberikan nomor ponsel ketua koperasi.

Alasannya, nomor ponsel ketua kerap ganti-ganti, Nurman kembali tidak dapat menjawab saat wartawan menanyakan nama Sekretaris Koperasi Simpan Pinjam Yeen Saputra.

“Saya lupa namanya, sekretarisnya itu perempuan,” elak dia. (W9-Wan)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.