Jadi Atensi Pj. Bupati, Perbaikan Jalan Cengal-Sungai Jeruju Dipercepat

OKI, Warta9.com – Penjabat Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Ir. Asmar Wijaya, M.Si meminta percepatan program prioritas pemda kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten OKI. Salah satu program prioritas tersebut perbaikan infrastruktur untuk daya dukung ekonomi.

“Agar diakselerasi program-program prioritas seperti perbaikan jalan karena efeknya dominan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat,” kata Asmar pada Rakor OPD, Selasa, (23/1/24) kemarin.

Salah satu perbaikan jalan yang jadi prioritas Pemkab OKI, yaitu ruas jalan Cengal-Sungai Jeruju Kecamatan Cengal.

“Seperti ruas jalan Cengal-Sungai Jeruju yang dikeluhkan masyarakat di media sosial agar segera ada penanganan,” pintanya.

Menanggapi perintah Pj. Bupati OKI, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada Rabu, (24/1) melakukan survey kerusakan ruas jalan cengal – sungai jeruju khususnya pada sejumlah titik kerusakan di desa kebon cabe dan desa balam jeruju Kecamatan Cengal Kabupaten OKI.

Ruas jalan sepanjang 31,357 km, setiap tahun memang selalu dilakukan penanganan. Namun karena panjangnya ruas dan keterbatasan anggaran, perbaikan dilakukan secara bertahap.

“Untuk tahun ini tetap akan dilakukan penanganan melalui kegiatan penyangga jalan wilayah IV,” ujar Kepala Dinas PUPR OKI, Ir. Man Winardi.

Meski demikian, ungkap Man peningkatan secara permanen belum dapat dilakukan mengingat besarnya anggaran yang dibutuhkan.

“Kita akan lakukan perkerasan dan galian drainase terlebih dahulu, lalu sesuai instruksi Pj. Bupati akan dilakukan percepatan persiapan tender,” jelas dia.

Man juga mengajak masyarakat bersama-sama menjaga infrastruktur yang dibangun pemerintah terutama di musim penghujan seperti ini.

“Misalnya kendaraan yang membawa beban angkutan melibihi tonase untuk sama-sama diingatkan apa lagi di musim penghujan seperti ini,” imbuh Man.

Ruas Talang Jaya-Cengal Sudah Mulus

Manfaat pembangunan infrastruktur telah dirasakan masyarakat Kecamatan Cengal Kabupaten OKI. Tahun lalu ratusan miliar anggaran digelontorkan pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemda OKI untuk memperbaiki ruas Jalan Talang Jaya menuju Kecamatan Cengal Kabupaten OKI.

Melalui Instruksi Presiden (Inpres) No. 3 Tahun 2023 tentang  program Inpres Jalan Daerah (IJD) sebesar Rp56,9 miliar digelontorkan pemerintah untuk membangun jalan sepanjang 6,4 km.

Kasatker PJN Wilayah III Sumsel Fedi Candra, mengatakan pekerjaan perbaikan jalan tersebut  selesai sesuai target, pada Desember 2023 lalu.

“Melalui dana inpres, ruas jalan ini dibangun sepanjang 6,4 km dengan nilai kontrak dan proses pengerjaan selama 122 hari,” ungkap dia.

Sementara Pemprov Sumsel tahun lalu juga telah menggelontorkan senilai 3 Miliar Rupiah dan dari APBD Kabupaten OKI sejumlah 2 Miliar Rupiah.

Gotot Holden, Sekretaris Camat Cengal mengaku bersyukur karena jalan di desanya sudah diperbaiki.

“Alhamdulillah tahun ini sudah diperbaiki melalui dana inpres ditambah Bangub dan dari APBD,” kata Gotot.

Perbaikan jalan ini Lanjut dia memudahkan masyarakat baik mengangkut hasil pertanian, begitupun dengan sembako atau bahan makanan yang datang dari kota menuju ke Kecamatan  Cengal. (toni)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.