oleh

Hanan Rozak Anggota Komisi IV DPR dan Ditjen PKH Kementan Gelar Bimtek Peternakan di Tulangbawang

Peserta Bimtek dari Peternak Sapi.

Tulangbawang, Warta9.com -Anggota Komisi IV DPR RI Dapil II Lampung, Ir. Hanan A. Rozak, MS, bersama Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Menajemen Peternakan dan Kesehatan Hewan, di Hotel Le Man, Tulang Bawang, Sabtu dan Minggu (23-24/10/2021).

Hanan Rozak berharap melalui Bimtek ini dapat menjadi forum dalam meningkatkan pengetahuan, wawasan serta kompetensi peserta dalam teknis pemeliharaan ternak yang baik sekaligus berkontribusi dalam peningkatan sumber daya manusia peternak di Tulangbawang.

“Bimtek ini untuk meningkatkan kapasitas para penyuluh dan peternak ayam dan sapi di Kabupaten Tulang Bawang melalui transfer pengetahuan dan teknologi sehingga peternak semakin lebih paham dalam beternak untuk meningkatkan produksinya,” jelas Hanan saat  membuka kegiatan Bimtek secara virtual melalui zoom meeting.

Hanan juga anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar menyampaikan, bahwa Bimtek ini sekaligus merupakan kegiatan pendampingan bagi penerima dan calon penerima bantuan pemerintah di bidang peternakan.

Dalam kesempatan yang sama, Gun Gun Gunara, S.Pt, MP, Koordinator Pengelolaan Sumber Daya Genetik Hewan (SDGH), Direktorat Perbibitan  dan Produksi Ternak, Kementan RI mengatakan tujuan pelaksanaan Bimbingan Teknis ini, salah satunya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam pengembangan bibit dan pakan ternaK. Dengan harapan peternak mampu mengatasi permasalahan dilapangan khususnya dalam manajemen pemeliharaan ternak yang baik, penyediaan pakan yang berkualitas, perkandangan dan perkawinan ternak yang benar hingga pengolahan limbah yang bermanfaat sehingga berdampak terhadap peningkatan produksi dan  populasi ternak serta pendapatan petani peternak tersebut.

“Melalui kegiatan Pengembangan Ternak Tahun Anggaran 2021 diharapkan dapat meningkatkan populasi dan produktifitas ternak mampu meningkatkan dan memulihkan ekonomi masyarakat khususnya peternak didaerah,” kata Gun Gun Gunara.

Peserta Bimtek Peternak ayam.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Ir. Lili Mawarti, M.Si mengharapkan melalui Bimtek ini peternak lebih maju dalam memelihara sapinya. “Diharapkan peternak-peternak penerima dan calon penerima bantuan sapi bisa membudidaya sapi dengan baik, karena dalam Bimtek ini juga ada materi tentang pemeliharaan, budidaya dan pemeliharaan kesehatan dan pengembangan biakannya, ” kata Lili.

Bimbingan Teknis Manajemen Peternakan dan Kesehatan Hewan ini berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh ratusan peserta yang mewakili  penyuluh dan kelompok tani  peternak ayam dan sapi yang ada di Tulang Bawang.

Hadir sebagai pemateri dalam bimtek tersebut, Ir. Gun Gun Gunara, S.Pt, MP dan  Novia Dimar  Dwitarizki, S.Pt, M.Sc  dari  Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak, Direktorat Jenderal PKH Kementan RI dan Ir. Nanik Nufiani, M.Si dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed