Wakil Ketua Fraksi Golkar Made Bagiasa Laksanakan PIP di Kampung Sri Basuki Lamteng

Anggota DPRD Lampung I Made Bagiasa melaksanakan sosialisasi PIP di Kampung Sri Basuki Lamteng. (foto : ist)

Lampung Tengah, Warta9.com – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung Drs. I Made Bagiasa, melaksanaan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) di Kampung Sri Basuki Kecamatan Seputih Banyak Lampung Tengah (Lamteng), Minggu (13/8/2023).

Made Bagiasa, juga Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar saat membuka sosialisasi PIP menyampaikan bahwa sosialisasi pembinaan Ideologi Pancasila dinilai sangat penting. Karena Pancasila sebagai dasar negara sudah menjadi harga mati.

Pancasila sebagai pilar Bangsa dengan merangkum nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan menjadi haluan dan arah bangsa dengan semangat gotong royong menempatkan kepentingan bangsa di atas segalanya dengan sistem berkeadilan. Pancasila dikatakan sebagai pilar bangsa, bermakna sebagai dasar negara.

Karena itu, sebagai warga negara kita patut untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Karena dalam butir-butir Pancasila tidak ada yang bertentangan ajaran agama. Karena itu, Made Bagiasa merasa senang dan bangga masyarakat Kampung Sri Basuki Kecamatan Seputih Banyak yang terdiri dari berbagai suku dan agama bisa hidup rukun dan damai. Ini menandakan, bahwa masyarakat di kampung ini telah mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan kehidupan bermasyarakat.

Sementara itu, narasumber dosen Unila Dr. Wayan Mustika dalam paparannya sangat kagum dan bangga bisa hadir di Kampung Sangga Buana sebagai Kampung rukun sehingga nilai – nilai Pancasila sudah diterapkan langsung dalam kehidupan bermasyarakat. Ini menjadi langkah nyata untuk membumikan Pancasila di Bumi Lampung dengan semboyan Sakai Sambayan.

Sehingga kehidupan masyarakat nya bisa dijadikan contoh bagi kehidupan yang heterogen di Provinsi Lampung untuk terus membangun nilai kegotong royongan menuju masyarakat Lampung yang damai dan berjaya.

Kepala Kampung Sri Basuki Supadi, SIP, menyampaikan bahwa keamanan serta ketertiban Kampung Sri Basuki terbangun dalam situasi kondusif yang masyarakatnya terdiri dari banyak suku, agama bisa hidup damai secara berdampingan penuh toleransi sebagai implementasi dari pengamalan Pancasila.

Selain dihadiri, Kepala Kampung Sri Basuki Supadi, kegiatan PIP Made Bagiasa juga dihadiri kelompok tani, Gapoktan, KWT Lestari, aparatur kampung Sri Basuki, organisasi kepemudaan, tokoh masyarakat, tokoh Agama.

Narasumber selai. dari akademisi program Pascasarjana Unila Dr. Wayan Mustika, juga Kapolsek Seputih Banyak diwakili Bripka Aris Saputra dan Babinsa Sertu Media Subangun. (W9-jam)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.