Hanan Rozak Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kabupaten Mesuji

Anggota DPR RI Hanan A Rozak melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kabupaten Mesuji. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Anggota DPR/MPR RI dari Fraksi Partai Golkar Ir. H. Hanan A Rozak, MS, menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Balai Desa Berasan Makmur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, Senin (22/11/2021).

Dalam pemaparan materi sosialisasi, Hanan Rozak menekankan pentingnya semua elemen masyarakat terutama Kader dan Pengurus Partai Golkar di Kabupaten Mesuji untuk memahami Empat Pilar MPR RI, yakni Pancasila sebagai dasar negara, UUD Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Untuk memupuk dan membangun masyarakat yang memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air serta untuk memperkuat benteng pertahanan negara, maka perlu penguatan dan sosialisasi 4 pilar MPR RI kepada kader Partai Golkar dan masyarakat umum,” kata Hanan Rozak anggota Komisi IV DPR RI.

Dengan begitu, kader dan pengurus Partai Golkar dapat menyebarluaskan kepada anggota masyarakat lainnya dan menjadi tauladan di tengah-tengah masyarakat.

“Empat pilar MPR yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika adalah tiang penyangga yang kokoh atau sokoguru agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan ancaman,” lanjut Hanan, mantan Bupati Tulangbawang ini.

Menurut Anggota DPR/MPR RI dari Dapil Lampung II ini, dalam 4 Pilar MPR RI terdapat nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Butir-butir Pancasila, lanjut Hanan Rozak, menjadi karakter masyarakat dan identitas atau jati diri bangsa Indonesia. Pancasila merupakan rujukan, acuan sekaligus tujuan dalam pembangunan karakter bangsa. Sedangkan UUD 1945 merupakan landasan konstitusional berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Mesuji, H. Winarno, SE, melaporkan bahwa sosialisasi 4 pilar ini diikuti oleh kader Partai Golkar, baik anggota fraksi Golkar, Pengurus DPD, Pimpinan Kecamatan dan Pimpinan Desa di Kabupaten Mesuji dan tokoh masyarakat.

Winarno berharap dengan adanya sosialisasi 4 pilar kebangsaan dapat mencegah berbagai ancaman baik dari dalam maupun dari luar serta menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan menerapkan 4 pilar MPR RI, diharapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Kabupaten Mesuji akan berjalan dengan baik,” ujar Winarno. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.