Desa Muara Batun OKI Siapkan Lahan Bangunan SMPN dan Cetak Sawah

Kepala Desa Muara Batun Kecamatan Jijawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Herman. Poto : Indra/warta9.com

Kayuagung, Warta9.com – Demi menciptakan dunia pendidikan masyarakat Desa Muara Batun Kecamatan Jijawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Kepala Desa setempat telah menyediakan lahan Tanah Desa agar dapat dibangun Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN).

Kepala Desa Muara Batun Herman mengatakan, jika saat ini sarana pendidikan di Desa Muara Batun hanya ada Sekolah Dasar (SD). Sementara untuk tingkat SMP belum ada. Menurutnya selama ini anak-anak yang lulus dari sekolah dasar melanjutkan pendidikan SMP nya harus keluar Desa tetangga. “Apalagi anak anak yang bersekolah di SMPN Jijawi kebanyakan berasal dari Desa Muara Batun, dan desa Batun Baru begitu juga Desa Terusan Jawa,” ungkap pria berkaca mata ini.

Lebih Lanjut Herman menjelaskan, Jika melihat dari minat anak-anak mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, mereka rela berjubel saat naik mobil antar jemput siswa/siswi dengan sekali angkut hingga 35 Orang. “Tidak hanya berjubel di dalam hingga over kapasitas, tapi anak-anak juga harus bergelantungan dan naik di atap mobil,” terangnya.

Melihat kondisi tersebut, Herman berharap kepada Dinas Pendidikan untuk mengusulkan ke Bupati/Wakil Bupati OKI serta para anggota DPRD agar dibangun SMPN di desa tersebut. “Masyarakat sudah siapkan lahan, dan siap untuk dirikan bangunan sekolah, hanya untuk anak-anak kami di desa ini,” tutur orang nomor satu di Desa Muara Batun ini.

“Selain bangunan sekolah SMP, masyarakat Desa Muara Batun khususnya petani juga berharap perhatian dari pemerintah daerah melalui dinas terkait dapat membukakan cetakan sawah mereka dengan lahan seluas 200 Hertare,” pungkasnya. (W9-Indra)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.