oleh

Jumlah ODP di Tubaba Menurun Jadi 15 Orang, Pasien Positif Nihil

JUMLAH orang dalam pemantauan (ODP) virus corona (Covid- 19) di Kabupaten Tulang Bawang terus menurun. Dari data resmi yang dirilis Pemkab Tubaba hingga Rabu, (15/4/2020) pukul 12.06 WIB, jumlah ODP di Tubaba sebanyak 15 orang atau menurun 45 orang.

Sementara untuk pasien dalam pengawasan (PDP) satu orang dengan kondisi stabil. Sedangkan untuk pasien positif belum ada perubahan atau sampai saat ini masih nihil.

Secara kumulatif jumlah ODP di Kabupaten Tubaba hingga hari ini mencapai 60 orang, namun 45 ODP tersebut telah selesai masa observasi 14 hari dengan kondisi sehat tanpa keluhan.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tulangbawang Barat, Eri Budisantoso mengatakan, perkembangan pemantauan Covid-19 masih dalam kondisi baik. Selain jumlah ODP menurun, satu pasien PDP yang dirawat di RSUD Tubaba masih dalam kondisi stabil.

Sedangkan untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hingga kini masih nihil. Sementara informasi jumlah pemudik hingga saat ini tercatat sebanyak 4.246 orang yang tersebar di sembilan kecamatan se Tubaba.

Dia menyampaikan imbauan kepada warga masyarakat yang baru datang dari luar daerah untuk mengecek kondisi kesehatan jika terjadi keluhan. “Tetap tinggal dirumah selama 14 hari, kurangi interaksi dengan orang lain. Jika ada masalah segera periksa ke fasilitas kesehatan terdekat,” tutur pria yang akrab disapa Ebe ini.

Di tengah wabah virus corona, lanjut Ebe, masyarakat diminta untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat pada keluarga dan lingkungan sekitar. Dengan tubuh yang bersih bisa meminimalisir penularan berbagai serangan penyakit seperti virus corona.

“Tetap tenang dan jangan panik, terapkan pola hidip sehat pada diri, keluarga dan lingkungan, pemerintah dan tim gabungan terus melakukan upaya pencegahan dan penanganan masalah ini. Kita sama-sama berdoa agar Tubaba terhindar dari virus berbahaya ini,” imbaunya.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang sehat, memastikan nutrisi tercukupi dan rajin melakukan olahraga juga jadi langkah sederhana yang bisa dilakukan. Dia juga mengingatkan agar masyarakat mematuhi semua aturan pemerintah terkait pencegahan Covid-19.

“Kita harus mematuhi semua arahan dari pemerintah, belajar dari rumah, bekerja dari rumah, beribadah dari rumah, pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan membatasi diri dari kerumunan. Jangan lupa perhatikan asupan gizi dan istirahat yang cukup,” tukas Ebe. (W9-jon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed