oleh

Kadishub Lampura : Lampu Penerangan Jalan Bukan Untuk Dipemukiman Desa

Kotabumi, Warta9.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung Utara (Lampura), belum bisa mengakomodir keinginan warga yang meminta agar lampu penerangan jalan dapat dipasang di pemukiman desa.

Hal itu ditegaskan Kepala Dishub Lampura, Basirun Ali, mensikapi banyaknya surat pengajuan dari warga desa yang menginginkan untuk dipasangkan lampu penerangan di pemukiman mereka.

Menurut Basirun, setelah adanya perpindahan kewenangan pengelolaan lampu jalan dari Dinas Pemukiman ke Dinas Perhubungan, maka untuk penerangan jalan umum (PJU) dikaitkan dengan bidang lalu lintas. Artinya, lampu penerangan jalan dipasang dengan tujuan mengantispasi kecelakaan, serta meminimalisir kejahatan di jalan.

“Jadi, tidak bisa lampu penerangan jalan diperuntukkan bagi rumah warga di pemukiman desa,” jelasnya, Kamis (19/8/2021).

Penempatan lampu penerangan jalan, lanjut Basirun, tidak serta merta dipasang di seluruh jalan, baik jalan Provinsi Kabupaten atau Kecamatan. Karena, dilihat dari segi kegunaanya.

Ditambahkannya, bagi warga desa yang memerlukan lampu penerangan, dapat berkoordinasi dengan aparatur desa atau kecamatan. Karena nantiya dapat dialokasikan dari Dana Desa (DD).

“Ini yang perlu disampaikan dengan Camat dan Kepala Desa, bahwa suatu kekeliruan jika lampu PJU harus masuk ke semua desa. Kami bisa berikan kebijakan satu titik penempatan lampu saja jika ada daerah yang sangat memerlukan, contohnya kepentingan sosial seperti pondok pesantren ataupun masjid,” jelasnya.

“Nah kalau itu tidak ada kaitan dengan kepentingan umum sosial tadi, ketika ada pemeriksaan nantinya itu yang akan jadi permasalahan di kami. Karena itu saya tegaskan lagi, jika Dishub belum bisa mengakomodir keinginan warga desa untuk pemasangan lampu jalan di pemukiman mereka,” kata dia lagi. (Rozi/Lam/Van)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed