Kampung Damai Pemilu Kabupaten Tulang Bawang Jadi yang Pertama di Lampung

Tulang Bawang, Warta9.com – Kampung Tri Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang terpilih sebagai Kampung Damai Pemilu gagasan Polres setempat.

Launching kampung damai pemilu dilakukan oleh Kapolres Tulang Bawang bertempat di halaman Balai Kampung setempat, Jumat (02/02/2024).

Bacaan Lainnya

Kapolres AKBP James H. Hutajalu mengatakan, kampung damai pemilu yang kita launcing hari ini merupakan yang pertama di Lampung. Hal ini sebagai bentuk cooling system guna menciptakan situasi Pemilu yang aman dan damai.

“Tidak sampai disitu, kita saat ini sedang melaksanakan tahapan Pemilu 2024, untuk itu kami mengimbau bahwa perbedaan pilihan pada pelaksanaan Pemilu merupakan hal yang biasa terjadi, tapi kita semua harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cinta ini, ” ucap James.

Masih kata James, dengan adanya Kampung Damai Pemilu ini, diharapkan akan menjadi pilot project untuk Kampung-Kampung lainnya yang ada di Sai Bumi Nengah Nyappur.

“Kampung damai pemilu adalah kampung yang telah menyatakan komitmen dan ikrarnya untuk mendukung pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai, serta menjaga kerukunan beragama yang ada di Kampung itu,” sebutnya.

Dia menjelaskan, dengan dibentuknya Kampung Damai Pemilu ini, mengharapkan bisa terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa diatas kepentingan pribadi atau golongan.

“Selain itu, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki untuk bisa menjadi Kampung Damai Pemilu diantaranya memiliki memiliki keanekaragaman suku, agama, budaya, ras, dan antar golongan, moderasi beragama tinggi, serta komitmen dan ikrar untuk mendukung Pemilu yang aman dan sejuk,” tegas dia.

Launcing kampung damai pemilu dengan pemukulan Gong sebanyak 5 kali yang dilakukan Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Qudrutul Ikhwan, penandatanganan Kampung Damai Pemilu dan pembacaan Deklarasi Damai Pemilu Kepala Kampung Tri Tunggal Jaya, Tobing Afrizal dan seluruh peserta. (W9-Wan)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.