Kwarda Lampung Kirim 8 Peserta pada Munas Gerakan Pramuka di Kendari

Bandarlampung, Warta9.com – Musyawarah Nasional (Munas) X 2018 Gerakan Pramuka, akan dilaksanakan pada 25 – 29 September 2018 di Hotel Clarion, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Delegasi Kwarnas Gerakan Pramuka dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka seluruh Indonesia mengikuti forum nasional lima tahunan tersebut tak terkecuali Kwarda Lampung. Delegasi Kwarda Lampung yang terdiri dari 8 peserta dan 2 peninjau akan dipimpin langsung oleh Ketua Kwarda, Drs. Idrus Effendi.

Sekretaris Kwarda, Mubasit yang juga turut menjadi peserta mengatakan, berdasarkan jadwal tentatif Munas X 2018, pembukaan akan dilaksanakan pada Rabu pagi (26/9/2018), dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden RI selaku Ketua Mabinas Gerakan Pramuka. Acara dilanjutkan dengan pembekalan tentang revitalisasi Pancasila dalam berbangsa dan bernegara, yang akan disampaikan oleh anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang juga Wakil Presiden RI ke-6, Kak Try Sutrisno. Pembekalan selanjutnya akan disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, Letjen TNI Doni Monardo. Ia akan menyampaikan seputar pembangunan karakter kaum muda dalam rangka bela negara.

Sidang pendahuluan Munas yang terdiri dari pembahasan dan penetapan agenda tata tertib, serta pemilihan dan penetapan presidium Munas X Gerakan Pramuka akan dipimpin oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault. Agenda dilanjutkan dengan penyerahan kepemimpinan sidang Munas dari Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault kepada Presidium Sidang Munas.

Presidium Sidang selanjutnya akan memimpin pembahasan mengenai Laporan Pertanggungjawaban Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2013-2018, penyampaian hasil kerja Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka masa bakti 2013-2018, pemaparan konsep perubahan AD/ART Gerakan Pramuka, Renstra Gerakan Pramuka masa bakti 2019-2024, Arah Kebijakan Gerakan Pramuka 2014 – 2045.

Agenda pemilihan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 dengan mengutamakan musyawarah mufakat dijadwalkan akan dilaksanakan pada Jum’at (28/9). Didahului dengan penyampaian gagasan dan rencana kerja oleh bakal calon Ketua Kwarnas masa bakti 2018 – 2023.

Berdasarkan surat Kwarnas nomor 0563-00-B tertanggal 30 Juli 2018 menyebutkan terdapat 11 nama Bakal Calon yang akan bersaing di pentas Munas 2018. Mereka antara lain Adhyaksa Dault, Agustadi Sasongko Purnomo, Budi Waseso, Dede Yusuf Macan Effendi, Jana T. Anggadireja, Muhammad Herindra, Kodrat Pramudho, Rosiadi H.Sayuti, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Susi Yuliati, dan terakhir Suyatno. Ketua Kwarnas terpilih nantinya akan dilantik oleh Presidium Sidang menjelang penutupan. Sebelumnya akan dilakukan pemilihan Tim Formatur, anggota LPK masa bakti 2018-2023 dan pengesahan hasil munas X 2018 oleh Presidium Munas.

Munas X 2018 juga menerima masukan dari Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putra-Putri (Musppanitra) Nasional yang telah diselenggarakan pada 22-24 September 2018 di Kendari, Sulawesi Tenggara. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.