Begini Cara Warga Binaan Rutan Kelas IIB Kotabumi Meriahkan HUT RI Ke 73

Kotabumi, Warta9.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kotabumi Lampung Utara memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 dengan kompetisi futsal.

Kompetisi futsal tersebut diikuti puluhan warga binaan. Selain memperingati HUT RI juga untuk mempererat tali silaturahmi. Kegiatan dipusatkan di halaman dalam rutan, Selasa (14/8).

Kepala Pengamanan Rutan Kelas IIB Kotabumi, Gusvendra P, A.Md.IP, SH, membuka langsung kegiatan futsal. Ia mengatakan, menyambut baik kegiatan yang digelar tersebut.

“Setidaknya kegiatan itu dapat mengurangi rasa penat warga binaan selama menjalani proses hukum. Disisi lain, juga dapat menjadi sarana meningkatkan prestasi, baik warga binaan maupun para pegawai,” katanya.

Vendra berharap, adanya kegiatan tersebut nara pidana memiliki rasa semangat dan legowo menjalani masa hukuman. Sedangkan untuk petugas, diharapkan selalu menjalankan tugasnya dengan baik.

“Kegiatan diharapkan dapat menciptakan keharmonisan sesama petugas dan warga binaan, jadi jagalah kekompakan dan kebersamaan,” jelasnya.

Selain futsal, lanjut dia, berbagai perlombaan juga digelar, seperti lomba tarik tambang, lomba kebersihan kamar, lomba panjat pinang, dan untuk menghilangkan penat juga digelar lomba menyanyi (karaoke). “Kegiatan ini telah dimulai sejak tanggal 10 hingga 18 Agustus mendatang,” ujarnya.

Kendati demikian, pengawasan terhadap warga binaan selama kegiatan berlangsung tetap dilakukan. Hal itu untuk mengantisipasi kemungkinan tidak diingini terjadi. “Selain petugas, tamping dan ketua kamar warga binaan dilibatkan,” tukasnya.

Pantauan warta9.com, menariknya perlombaan yang digelar melibatkan warga binaan. Terlihat antara warga binaan dan para petugas Rutan saling berbaur tanpa ada pembatasan menikmati kegiatan tersebut. (Rozi/jon)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.