oleh

Tubaba Jadi Pusat Seleksi Atlet Sepeda Sumsel dan Lampung

Panaragan, Warta9.com – Event Tubaba XC Race pencarian bakat pembalap sepeda Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan resmi dibuka. Kegiatan yang di buka Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad itu berlangsung di kota Budaya Uluan Nughik Tubaba, Sabtu 18 Desember 2021.

Umar Ahmad mengapresiasi kegiatan ajang pencarian bakat tingkat provinsi yang dihelat di Tubaba. Umar menjelaskan sekilas kota Budaya Uluan Nughik. Wisata budaya itu dibangun untuk merepresentasikan ruang hidup antara manusia, alam dan makhluk hidup lainnya.

“Event yang dilaksanakan di Tubaba ini untuk menemukan bakat atlet sepeda lokal dan regional, khususnya hasil prestasi mereka diharapkan dapat mengharumkan dan memajukan Kabupaten Tubaba,” kata dia.

Uluan Nughik berada di lokasi seluas 800 hektare, didalamnya akan dibangun jalur sepeda sepanjang 300 kilometer yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beraktifitas, berolahraga, dan berwisata.

“Terima kasih atas partisipasi semua pihak. Tunjukkan kelebihan masing-masing dalam kompetisi ini, sehingga dapat menghasilkan banyak prestasi,” tutupnya.

Di tempat yang sama Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Tubaba Ahmad Hariyanto, menyerahkan bendera lomba XC Race kepada ketua pelaksana kegiatan Tri Kasahri.

Lomba tersebut dimulai sekitar pukul 10.26 WIB, ditandai dengan pengangkatan bendera oleh Bupati Tubaba yang diikuti oleh para peserta lomba kelas XCO Junior Men/Women regional.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Tri Kasahri menjelaskan Event kompetisi dilaksanakan selama dua hari, 18 hingga 19 Desember 2021, diikuti oleh peserta dari Provinsi Sumatera Selatan serta Kabupaten dan Kota se-Provinsi Lampung.

“Ada 112 peserta yang ikut dalam ajang pencarian bakat atlet pembalap sepeda gunung,” ulasnya.

Dijelaskannya, terdapat 3 jenis perlombaan dalam kegiatan itu. Yakni, Cross Country Olympics (XCO), Cross Country Elimination (XCE), dan Cross Country Rilley (XCR).

“XCO jarak yang harus ditempuh sepanjang 400 meter dengan empat kali putaran, terdiri dari kelas Youth Men, Elite, Master, dan Junior serta Open. Untuk kelas XCE jarak ditempuh 800 M, terdiri dari kelas Open Men/Women dan Open Men/Women-Regional. Sementara XCR jarak tempuh 2000 M, terdiri dari Master Open Men,” jelasnya. (Nan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed