oleh

Cegah Covid-19, Rutan Kotabumi Terapkan Sistem Komunikasi Jarak Jauh

Kotabumi, Warta9.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kotabumi melakukan komunikasi jarak jauh (online) dengan Kanwil Kemenkum HAM Lampung menggunakan sarana teleconfrensi. Media teleconfrensi ini dilakukan sebagai upaya pencegahan virus corona (covid-19), terkait pelaporan seluruh kegiatan di Rutan Kotabumi.

Kepala Rutan Kotabumi Denial Arief mengatakan media teleconfrensi ini dilakukan seluruh jajaran pemasyarakatan hingga ke tingkat unit pelaksana teknis Rutan, Lapas, Bapas, Rupbasan dan Imigrasi harus siap dengan keadaan darurat dan melaporkan seluruh kegiatan masing-masing setiap unit kerja.

Selain itu, untuk mengurangi over kapasitas di Rutan pihaknya juga memberikan asimilasi kepada warga binaan. Pembebasan para warga binaan tersebut setelah dipastikan memenuhi beberapa persyaratan.

“Di antaranya telah menjalani setengah hingga dua per tiga dari masa hukumannya, dengan akhir masa hukuman tidak lebih dari tanggal 31 Desember 2020,” kata Denial, Senin (6/4/2020).

Dia berharap dengan kebijakan tersebut kapasitas Rutan/Lapas dapat dikendalikan, sehingga hal tersebut akan meminimalisir potensi merebaknya Covid-19 di dalamnya.

Untuk itu Denial berpesan para warga binaan yang telah mendapat asimilasi dapat mengisolasi diri di rumah agar situasi segera pulih kembali.

“Kami telah memberikan pengarahan kepada warga binaan yang dirumahkan agar mengisolasi diri di rumah. Diharapkan warga binaan tetap mematuhi aturan untuk tidak keluar rumah dengan hal yang tidak penting,” pesan Denial.

Selain memberi asimilasi kepada warga binaan, pihaknya juga telah melakukan langkah-langkah konkrit terkait pencegahan virus berbahaya tersebut. Diantaranya; penyemprotan disinfektan, menyediakan APD, pemeriksaan kesehatan kepada pegawai dan warga binaan, koordinasi dengan Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan dan pemerintah.

Sidang Jarak Jauh dan Besukan Sistem Online

Rutan Kotabumi bersama Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Lampung Utara juga melaksanakan sidang jarak jauh atau sidang online melalui media video kuminikasi. Selain itu, juga telah diterapkan sistem besukan online melalui video call.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada insan pers yang telah ikut serta membantu mensosialisasikan pencegahan virus corona yang dikemas dalam berbagai kegiatan Rutan, melalui publikasi berita kepada masyarakat,” tandas Denial. (Rozi/zal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed