Kapolres AKBP Eka Mulyana Bersama Sejumlah Pihak Lakukan Ini Di Makam Minak Trio Diso

Kotabumi, Warta9.com – Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap cagar budaya yang ada di Lampung Utara (Lampura), Kapolres AKBP Eka Mulyana bersama TNI, Kejaksaan, organisasi profesi, serta tokoh masyarakat, melaksanakan kegiatan bersih-bersih di Makam Minak Trio Diso, yang terletak di Desa Skipi, Abung Tinggi, Lampura.

Diketahui Minak Trio Diso merupakan leluhur (dalam bahasa Lampung : Apeu Tuyuk) dari orang Lampung Abung.

Mereka yang turut serta dalam kegiatan itu diantaranya, Kasdim 0412/LU Mayor Inf Afrizal, Kepala Kejaksaan Negeri Lampura Sunarwan, Kasi Intelejen Kejari Dicky Zaharuddin, Kasi Pidum Kejari Husni Mubaroq, Danramil Bukit Kemuning Kapten Harpian Sari, Ketua PWI Lampura Jimi Irawan.

Berdasarkan pantauan, tampak tanpa canggung Kapolres ikut berbaur dengan yang lainnya, membersihkan dan mengecat bangunan yang ada dimakam itu.

Disela-sela kegiatan Kapolres mengatakan, sebagai salah satu cagar budaya dan situs sejarah, maka tidak berlebihan jika keberadaan makam tersebut mendapat perhatian, karena merupakan salah satu aset budaya.

“Kegiatan ini kita laksanakan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap cagar budaya yang ada di Kabupaten Lampung Utara, sekaligus mendekatkan diri dengan masyarkat,” ujar Kapolres.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Lampura Jimi Irawan yang ikut dalam kegiatan itu mengatakan, bersih-beraih makam leluhur bersama gabungan instansi vertikal ini dalam rangka menarik dan menumbuhkan semangat gotong royong terhadap generasi muda Lampura, untuk dapat mengenal sejarah dan bersama menjaga kelestariannya.

“Dengan ikut sertanya sejumlah pimpinan instansi vertikal dalam kegiatan ini, menjadikan dorongan untuk kita sebagai generasi muda di Kabupaten Lampura dalam menjaga, melestarikan serta membudayakan semua situs bersejarah yang ada,” ujar Jimi. (Rozi/Syah)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.