Pembukaan Asian Games Meriah, Indonesia dan China Paling Banyak Kirim Kontingen

Jakarta, Warta9.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Jusuf Kalla secara resmi membuka Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu malam (18/8/2018)

Dalam sambutannya, Jokowi merasa terhormat kedatangan tamu istimewa dari 45 negara yang menjadi peserta pesta olahraga terbesar setelah Olimpiade tersebut. Ia juga menegaskan, dalam Asian Games ke-18, bangsa se-Asia ingin menunjukkan bahwa semuanya bersaudara, bersatu, dan ingin meraih prestasi.

”Dengan mengucapkan bismillahirohmannirrohim, Asian Games 2018 saya nyatakan dibuka,” ujar Jokowi, didampingi Wapres JK berdiri disampingnya.

Sebanyak 45 negara mengikuti Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang. Dari negara-negara peserta, Indonesia fan China paling banyak mengirimkan kontingen.

Kontingen China, dari data resmi Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) mengerahkan total 859 atlet pada 40 cabang olahraga.

Sementara, Indonesia sebagai tuan rumah menurukan seluruh kekuatannya dengan total 935 atlet. Indonesia juga turun penuh pada atletik dengan total 58 atlet dan cabang kano-kayak sebanyak 41 atlet. Jumlah total atlet dari 45 negara yang mengikuti Asian Games 2018 adalah 11.478 atlet pada 40 cabang olahraga

Sebaliknya, ada lima negara dengan kontingen atlet paling sedikit yang akan berlaga di Asian Games 2018. Berdasarkan data dari panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), Brunei Darussalam menjadi negara dengan kontingen tersedikit. Brunei hanya mengirimkan 15 atlet untuk Asian Games 2018.

Kontingen dengan jumlah atlet tersedikit kedua adalah kontingen Bhutan dengan total 24 atlet. Kemudian diikuti kontingen Kuwait dengan jumlah 28 atlet sebagai kontingen tersedikit ketiga.

Lebanon menempati posisi keempat kontingen dengan jumlah atlet tersedikit yaitu 29 atlet selama penyelenggaraan Asian Games 2018. Kontingen tersedikit kelima adalah kontingen Yaman dengan jumlah total 38 atlet. (W9-jam/nt)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.