Stop Kebiasaan Ini Kalau Mau Panjang Umur

Ilustrasi lansia.

Jakarta – Ada beragam kebiasaan yang perlu dilakukan untuk panjang umur. Panjang umur menjadi hal yang sangat di impikan setiap orang. Namun tidak sedikit dari jutaan jiwa tanpa sadar melakukan sesuatu yang malah berisiko memperpendek umur.

Banyak faktor yang mempengaruhi panjangnya usia seseorang. Baik menjaga komsumsi makanan, suplementasi hingga melakukan kebiasaan sehat seperti olahraga dan lainnya. Percayalah, rahasia panjang umur itu sangat sederhana.

Bacaan Lainnya

Stop kebiasaan-kebiasaan ini kalau mau panjang umur :

1. Mabuk alkohol

Sebuah penelitian mengklaim efek samping keseringan komsumsi alkohol. Kebiasaan buruk ini ternyata dapat memperpendek usia 4 – 5 tahun. Bagi penggemar berat alkohol hingga meminumnya secara berlebihan harus waspada.

Konsumsi alkohol yang tidak terkontrol justru dapat memperberat kerja berbagai organ, salah satunya hati yang berperan memproses berbagai komponen yang masuk ke dalam tubuh.

Kebanyakan minum alkohol juga bisa mengganggu sistem saraf, yang tentunya bisa menimbulkan berbagai penyakit serius jika berlangsung dalam jangka panjang.

2. Merokok

Rokok menjadi kebiasaan buruk yang berdampak bagi kesehatan. Jika Anda adalah orang yang memiliki kebiasaan merokok sebaiknya hentikan. Sebab kandungan rokok yang mengandung berbagai zat kimia bahaya bisa membuat tubuh mengalami kerusakan, baik secara sementara maupun permanen.

Bahkan tak hanya pada perokok aktif, perokok pasif atau mereka yang hanya menghirup asap rokok juga dapat berisiko mengalami gangguan kesehatan. Jika Anda ingin panjang umur cobalah perlahan meninggalkan kebiasaan merokok.

3. Sering begadang

Bagi anak muda, kebiasaan begadang sering dilakukan dan dianggap suatu hal yang wajar. Tanpa memikirkan efek begadang pada kesehatan tubuh yang sudah dibuktikan oleh banyak studi ilmiah.

Kebiasaan begadang dapat meningkatkan risiko sejumlah masalah kesehatan serius, mulai dari penyakit jantung, sleep apnea, diabetes, hipertensi hingga kematian dini.

Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat seperti tidur yang cukup. Tidur yang cukup dampaknya sangat positif bagi hidup dan kesehatan. Bila kualitas tidur terjaga, kulit akan lebih sehat, daya konsentrasi terjaga, serta suasana hati positif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama membuat otot dan sendi lemah serta kaku karena kurang aktif bergerak. Duduk terlalu lama juga dapat memperlambat metabolisme tubuh. Hal ini bisa berdampak pada terganggunya kinerja tubuh dalam mengatur tekanan darah dan kadar gula darah, serta membakar lemak.

Maka dari itu, para ahli menyarankan untuk istirahat dari posisi duduk setiap 30 menit sekali. Duduk terlalu lama juga memperngaruhi pendeknya umur seseorang.

5. Stres berlebih

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Yale University School of Medicine, stres pada manusia bisa mengakibatkan kematian mendadak karena ritme jantung yang tidak normal. Stres karena pekerjaan atau studi (atau apapun yang melibatkan kinerja dan prestasi seseorang) bisa mengubah irama detak jantung manusia.

Jika stres yang dialami terlalu berat, Anda bisa tiba-tiba mengalami serangan jantung yang bersifat fatal atau mematikan.

6. Berat badan tidak ideal

Terlepas dari alasan untuk menjaga penampilan, menjaga berat badan ideal merupakan salah satu aspek penting kesehatan yang sebaiknya tetap diperhatikan.

Orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan berisiko terserang berbagai penyakit, seperti jantung dan diabetes. Obesitas diklaim dapat memperpendek usia hidup 8 tahun lebih cepat.

Mari untuk menghindari dan menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas. Bila perlu ajak seluruh anggota keluarga lainnya menerapkan pola hidup sehat demi panjang umur agar kelak lebih bahagia. (Junanda)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.