Daun Suruhan Segudang Manfaat bagi Kesehatan, Yuk Simak

Ilustrasi daun suruhan.

Jakarta – Mungkin masyarakat tidak asing lagi ketika menjumpai daun suruhan atau sirih cina bertumbuh liar di pekarangan rumah. Daun ini dianggap gulma atau tumbuhan pengganggu. Tanpa disadari daun suruhan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Daun suruhan acapkali tumbuh pada area lembab bersama rumput liar dan ilalang yang tidak ada gunanya. Daun suruhan memiliki nama latin Peperomia Pellucida karena keseluruhannya dapat dimakan baik dimasak maupun mentah.

Bacaan Lainnya

Tahukah Anda daun suruhan memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan, simak baik-baik. Dikutip dari berbagai sumber:

1. Mengobati Asam Urat

Daun suruhan bermanfaat dalam membantu mengurangi gejala asam urat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun suruhan dapat mengurangi kadar asam urat lebih rendah dalam darah. Rebuslah daun ini dan minum air rebusannya setiap hari.

2. Mengatasi Jerawat

Daun suruhan dipercaya memiliki khasiat sebagai obat herbal mengatasi masalah jerawat. Hal ini dikarenakan, daun suruh memiliki kandungan antibakteri yang berfungsi mengatasi jerawat dan bisul.

3. Mencegah Kanker

Anda dapat memanfaatkan daun suruhan sebagai obat pencegah kanker. Terutama bagi yang memiliki gen keturunan penyakit ini. Daun ini mengandung P. Pellucida berfungsi untuk memperlambat sel kanker dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

4. Obat untuk Ginjal

Mengomsumsi air rebusan daun suruhan secara teratur dapat merawat kesehatan ginjal Anda. Kandungan alami ini memiliki sumber yang cukup untuk obat herbal ginjal. Pastikan selalu minum air rebusan daun suruhan yang baru dimasak ketika memiliki keluhan pada kesehatan ginjal.

5. Mengobati Sakit Kepala

Tahukah, daun suruhan juga bermanfaat bagi sekelompok orang penderita sakit kepala atau migrain. Daun ini dipercaya ampuh mengatasinya. Minumlah air rebusan daun suruhan secara berkala. Terlebih, daun suruhan juga bisa menyembuhkan vertigo secara alami.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Sebuah studi menunjukkan daun suruhan dapat menurunkan kadar gula darahnya. Khasiat dari daun ini sangat berguna bagi penderita diabetes. Daun suruhan mampu menunjukkan penurunan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol baik (HDL) di dalam darah.

7. Cegah Penyakit Jantung

Daun suruhan memiliki peran penting untuk mencegah penyakit kronis seperti jantung. Daun ini dipercaya menjadi satu di antara sumber antioksidan yang tinggi.

8. Anti Radang

Manfaat daun suruhan kerap digunakan pengobatan alami radang. Ekstrak daun suruhan menunjukkan anti inflamasi dan analgesic. Minumlah rebusan air daun suruhan dan rasakan khasiatnya.

9. Mengatasi Pegal Linu

Pegal linu bisa menyerang siapa saja ketika badan terasa kurang sehat. Pegal linu adalah rekasi tubuh dimana rasa kaku, nyeri dan tidak nyaman terasa pada persendian dan otot. Berkat sifat analgesiknya, manfaat daun suruhan bisa membantu mengatasi pegal linu.

10. Redakan Nyeri Mentruasi

Bagi kaum perempuan, rasa nyeri saat datang bulan seringkali terjadi. Minumlah rebusan daun suruhan yang hangat untuk meredakan
saluran yang keram dan sakit.

Meskipun daun suruhan memiliki segudang manfaat dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Namun jangan mengonsumsi sebagai pengganti obat dokter dan selalu konsultasikan dengan tenaga medis bila ingin memasukkannya dalam suatu pengobatan tambahan. (Junanda)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.