Ini Dia Obat Alami yang Dipercaya Ampuh Atasi Kurap

Ilustrasi kurap.

JakartaKurap merupakan infeksi jamur yang menimbulkan ruam melingkar berwarna merah dan terasa gatal. Penyakit kulit ini muncul pada area tubuh yang lembab. Salah satu area tubuh yang rentan menjadi tempat bersinggah kurap adalah selangkangan.

Biasanya disebabkan oleh seringnya menggunakan pakaian lembab akibat berkeringat atau basah. Secara umum, penyebab kurap bisa bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan dan gaya hidup seseorang. Kurap dikategorikan sebagai salah satu kasus yang sering dijumpai.

Bacaan Lainnya

Tahukah Anda macam-macam obat kurap alami yang dapat di olah sendiri di rumah dengan mudah? Simak disini:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu menangani masalah kulit akibat infeksi jamur. Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang dapat membantu meredakan kurap. Oleskan secukupnya pada bagian ruam melingkar kurap minimal 3x sehari. Minyak kelapa akan merusak membran sel jamur penyebab kurap.

2. Bawang putih

Kandungan senyawa anti jamur pada bawang putih dipercaya dapat membasmi kurap. Cara mengobati kurap menggunakan bawang putih pun terbilang praktis. Cukup haluskan beberapa siung bawang putih dan campurkan dengan minyak kelapa atau zaitun. Lalu oleskan campuran tersebut dibagian tubuh yang terinfeksi kurap.

3. Lidah buaya

Sebuah penelitian membuktikan bahwa lidah buaya mengandung senyawa yang bersifat antiseptik. Kandungan inilah yang membantu meredakan rasa gatal pada kulit akibat kurap.
Lidah buaya memberikan sensasi dingin atau sejuk saat dioleskan pada permukaan kulit yang terdapat kurap.

4. Daun sirih

Senyawa antiradang dan antibakteri daun sirih mampu meminimalkan perburukan kondisi infeksi jamur. Penggunaannya cukup mudah, cukup haluskan beberapa lembar daun sirih dicampur dengan satu ruas kunyit, lalu oleskan ke bagian permukaan kurap dan diamkan selama 20 menit. Dianjurkan pemakaian tips ini 3 kali sehari hingga kurap mereda.

5. Air garam

Ketika kurap terasa gatal secara spontan tangan akan menggaruknya dan akhirnya menyebar ke bagian tubuh yang lain. Namun tahukah Anda, jika air garam memiliki khasiat untuk mengeringkan luka dan peradangan pada kulit akibat kurap. Cukup merendam bagian kulit yang terdapat kurap di dalam air garam selama 10–20 menit.

Air garam dipercaya mampu menghambat pertumbuhan jamur sehingga dapat membantu mempercepat proses pemulihan kurap.

Demikian rangkuman obat-obatan alami yang mudah dijumpai dalam mengatasi masalah infeksi jamur pada kulit. Jika tips di atas membuahkan hasil yang kurang maksimal, segera konsultasikan keluhan Anda kepada ahli medis atau dokter. (Junanda)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.