Pemkab Tuba Segera Bangun Sumur Bor di 24 Titik Kampung

Menggala, Warta9.com – Guna mendukung program Pemerintah Pusat yang diprakarsai Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi) dalam penyediaan air bersih dan air minum yang layak bagi masyarakat.

Pemkab Tulang Bawang menerima bantuan senilai Rp5,528 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KPUPR) RI tahun anggaran APBN 2018, berupa Program Nasional Penyediaaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) bantuan berupa sumur bor.

Sehingga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sebagai wakil Pemkab bersama Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) untuk Pamsimas terdapat 24 titik kampung. Penandatangan itu dipusatkan Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati, Jum’at (20/07/2018).

Bupati Hj. Winarti SE, MH dalam sambutan mengungkapkan, bahwa program Pamsimas tersebut, termasuk dalam program 100-0-100 untuk Indonesia bersih dan sehat, maksudnya adalah 100 yang pertama bagaimana akses air minum terpenuhi untuk masyarakat tercapai 100%, 0 yang kedua adalah bagaimana kawasan kumuh itu bisa hilang hingga target 0%, serta 100 yang ketiga adalah bagaimana sanitasi lingkungan terpenuhi dengan baik atau 100%.

Program ini tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019, jadi sasarannya terrmasuk Kabupaten Tulang Bawang, mengingat wilayah Kabupaten ini memiliki cakupan pelayanan air minum aman perdesaan yang belum mencapai 100%.

“Anggaran bantuan program Pamsimas hanya boleh digunakan untuk membiayai kegiatan masyarakat yang telah direncanakan bersama dan dituangkan dalam Rencana Kerja Masyarakat (RKM). Untuk itu, kepada semua pihak terkait, saya mengajak agar senantiasa dapat menyatukan visi, misi dan persepsi untuk menyelaraskan langkah pembangunan yang dilandasi dengan profesionalisme dan kesadaran tinggi sebagai bukti tanggungjawab kita dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kemajuan Kabupaten tercintan ini,” ucap Winarti.

Ia mengatakan, bantuan anggaran dari KPUPR pemerintah pusat akan direalisasikan, bantuan Pamsimas segera di bangun sumur bor di 24 kampung yang ada di enam Kecamatan antara lain, Kampung Gedungharapan, Kecamatan Rawanjtu Selatan, Gedungrejo Sakti, Sukabhakti, Karyabhakti, Balaimurni Jaya, dan Kampung Kahuripan Jaya, Kecamatan Gedung Aji Baru, Wiratama, Tritunggal jaya, Sidomakmur, Kecamatan Penawar Tama, Morisjaya, Tridharma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Pancakarsa Purnajaya, Kahuripan Jaya, Kecamatan Banja Baru.

“Selan itu, Sungai Nibung, Pendowo Asri, Way Dente, Dente Makmur, Kecamatan Dente Teladas, Bawangsakti Jaya, Wonorejo, Indahmekar Jaya, Menggala Tumur, Trijaya, Pasar Batang, Mekarjaya, Kecamatan Meraksa Aji,” jelasnya. (W9-Wan)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.