Sempat Berpolemik, Akhirnya PDI-P Lampura Resmi Ikut Pileg 2019

Kotabumi, Warta9.com – Setelah sebelumnya sempat berpolemik terkait proses pendaftaran, akhirnya KPU Lampung Utara (Lampura) memutuskan jika DPC PDI-Perjuangan setempat resmi masuk dalam 16 Partai Politik (Parpol) yang mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

“Setelah kami kami lihat bahwa datanya ada dan sesuai dengan dokumen yang diserahkan. Kesimpulannya PDI-P Lampura memenuhi syarat pendaftaran,” kata Ketua KPU Lampura, Marthon, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Jumat (20/7/2018).

Marthon menceritakan, sebelum menyimpulkan tentang persoalan yang terajadi, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan KPU Provinisi. Dimana, awal persoalan bermula saat DPC PDI-P Lampura mendaftarkan Bacalegnya pada malam hari menjelang penutupan pendaftaran, dan diterima oleh KPU. Namun saat diminta dokumen untuk mencocokkan data di Sistem Informasi Pencalonan (Silon), Silonnya tidak dapat diakses.

Berdasarkan aturan yang ada, sebelum mendaftar ke KPU partai harus mendaftar di Silon.”Kami tanyakan apakah mereka sudah menguplod di Silon, mereka katakan sudah menguplodnya,”ujar Marthon.

Menurutnya, pihak KPU terus berusaha membuka akses Silon untuk mencocokkan data namun tetap tidak dapat dibuka, dan itu terus berlangsung hingga tanggal 18 Juli 2018 sore. “Kemarin (19/72018) pagi, Silon itu sudah bisa kami buka. Dan disitu tercantum status pendaftrannya memenuhi syarat (MS),” jelasnya.

“Atas hal itu kami langsung mendatangi KPU Provinsi untuk berkoordinasi. Dan hasil koordinasi, bahwa faktanya memang PDI-P melakukan pendaftaran,” jelasnya. “Jadi dalam rangka Pileg 2019, 16 Parpol di Lampura memenuhi syarat dan terdaftar dalam mendaftarkan Bacalegnya,” kata Marthon lagi. (Rozi/van)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.