Petani Karet Asal Desa Mukenang Sukses Atas Dukungan Mantan Bupati Lahat

Lahat, Warta9.com – Salah satu petani binaan mantan Bupati Lahat 2 periode 2008-2018 H. Saifudin Aswari Riva’i yang akrab disapa Kak Wari berhasil membudidayakan tanaman karet unggul asal Sumbawa, yang merupakan pembibitan berupa hasil persilangan atau stek dari bibit karet lokal dan bibit karet dari daerah Sumbawa.

“Alhamdulillah dari hasil bantuan dan dukungan Kak wari lahan karet kami bisa berkembang dan membuahkan hasil,” ungkap Barhani petani asal Desa Mungkenang Kecamatan Mulak Ulu, Kamis (28/12/2023)

Bacaan Lainnya

Banyak petani karet khususnya di Kecamatan Mulak Ulu yang patah semangat dalam melakukan budidaya karet yang sangat sedikit untuk mengeluarkan getah. Hal inilah yang mampu dibuktikan oleh Kak Wari semasa menjabat Bupati Lahat di periode pertama 2008-2013, yang sangat mendukung pelaku usaha perkebunan yang ada di setiap pedesaan di kabupaten lahat, salah satu nya pemberian bibit tanaman karet dan bibit tanaman buah yang akan mendukung perekonomian para petani.

“Alhamdulillah tanaman yang di berikan oleh kak Wari kepada kami saat ini kami sudah menikmati hasilnya dan saya dapat membiayai sekolah anak anak saya, pada zaman kepemimpinan kak wari kami para petani sangat merasakan bantuan dan dukungan kak wari untuk peningkatan perekonomian kami,” ujarnya.

Pada saat periode pertama, kepemimpinan kak Wari sebagai Bupati Lahat di tahun 2008-2013, ia membagikan 300 batang bibit tanaman karet kepada masyarakat desa. Selain bibit karet Kak Wari juga membagikan bibit tanaman buah kepada masyarakat kabupaten Lahat.

Keberhasilan Barhani dalam membudidayakan bibit karet unggul dari kak wari banyak memberi dampak positif bagi petani lain, terutama petani karet di kecamatan mulak ulu, dan dari hasil perkebunan karet nya Yanuar dapat menyekolahkan anak anak nya sampai ke perguruan tinggi.

Hal ini diharapkan mampu menginspirasi lebih banyak petani lain untuk mengubah pola pikir bahwa pentingnya melakukan budidaya karet sesuai dengan standar untuk menjaga kualitas tanaman karet sehingga hasil yang didapat lebih maksimal.

H. Saifudin Aswari Riva’i sangat bersyukur atas keberhasilan Yanuar membudidayakan bibit tanaman karet yang dia berikan semasa kepemimpinan sebagai Bupati Lahat.

“Semoga kedepannya banyak petani petani termotivasi atas keberhasilan Barhani sebagai petani karet, bibit tanaman tersebut saya berikan kepada seluruh petani karet di kabupaten lahat guna menunjang perekonomian masyarakat kabupaten Lahat pada saat saya menjabat Bupati,” kata Kak Wari

“Waktu itu saya memberikan jalan keluar kepada petani karet khususnya di Desa mukenang di karenakan para petani waktu itu menanam bibit karet dengan bibit dari Biji karet atau seling. Saya berinisiatif untuk membantu para petani dengan mendatangkan para ahli dari perkebunan dari Sumbawa dan meminta untuk membawa bibit berupa stek secara langsung dari Sumbawa dan Ini merupakan salah satu representasi upaya kami dalam rangka mendukung program pembangunan Pemerintahan pada saat kepemimpinan saya waktu itu,” pungkas Kak Wari. (Agusman)

banner 400x130

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.