Warga Kotabumi Manfaatkan Sampah Jadi Pupuk Kompos

Kotabumi, Warta9.com – Berawal dari keprihatinan dengan kondisi dilingkungan sekitar, yang mana sampah masyarakat dibuang sembarangan. Membuat Tri Purwo Handoyo Warga Kelurahan Rejosari, Lampung Utara ini merubah sampah menjadi pupuk organik.

Alhasil, perjuangannya selama enam tahun yang belajar otodidak melalui internet dan dengan alat sederhana (Komposter) dapat merubah sampah menjadi pupuk kompos cair dan padat. Penemuan ini telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di beberapa wilayah Lampung Utara.

Tri Purwo Handoyo kepada Warta9.com, menceritakan hasil karyanya saat ini telah dapat mempengaruhi warga dilingkungan sekitarnya untuk memanfatkan sampah menjadi pupuk, dan hasilnya seluruh perkarangan lingkungan enam, RT V Kelurahan Rejosari Kotabumi berubah menjadi lingkungan tanaman hijau Organic.

“Saya dan keluarga mencoba bagaimana merubah sampah menjadi hal yang bermanfaat, kami coba membuat sampah. Gagal kami coba lagi dan seterusnya, selama enam tahun kami mencobanya dan akhirnya kami mampu merubah sampah menjadi hal yang bermanfaat,” ujar Tri Purwo Handoyo dikediamannya, Minggu (16/9) kemarin.

Dijelaskannya, diawali dengan memilah sampah organic dan non organic selanjutnya memanfaatkan sampah organic dan mencapurnya dengan E4 dan diproses menggunakan komposter buatan sendiri (Manual).

“Dengan komposter itu maka kami buat pupuk kompos cair dan padat, hingga saat ini kami sendiri dan bahkan lingkungan disini telah memanfaatkan sampah dijadikan pupuk, tanamannya pun lebih sehat,” jelasnya, seraya menambahkan jika hasil karyanya pun telah banyak dimanfaatkan dibeberapa kelompok pedesaan di Lampung Utara. (Rozi/Alam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.