Tahun 2024, Pemkab Lahat Bedah 700 Unit Rumah Tidak Layak Huni

Pj Bupati Muhammad Farid melaunching bedah rumah bantuan sanitasi di Kecamatan Merapi Barat. (foto : agus)

Lahat, Warta9.com – Pj Bupati Lahat Muhammad Farid melaunching bedah rumah bantuan sanitasi dan pemberian makanan tambahan untuk anak stunting se-Sumatera Selatan.

Dalam hal ini Pemkab Lahat melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PRKPP) menggelar acara tersebut di Desa Merapi, Kecamatan Merapi Barat, Rabu 21 Februari 2024.

Bacaan Lainnya

Sebagai informasi, launching gerakan bedah rumah serentak dilaksanakan bersamaan dengan pemberian bantuan perbaikan sanitasi secara serentak oleh Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat, Tri Tito Karnavian.

Perlu diketahui di Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Lahat melakukan program bedah rumah sebanyak 700 unit yang terbagi di 37 desa dan 12 kecamatan.

Pj Bupati Lahat Muhammad farid mengungkapkan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa rumah layak huni terdiri dari beberapa faktor antara lain, struktur bangunan yang kokoh, kecukupan luas bangunan serta akses sanitasi dan akses air minum yang bersih.

Berdasarkan hasil survei dari Dinas PRKPP didapat data rumah tidak layak huni sebanyak 6971 unit dan data dari Dinas Kesehatan balita stunting di Lahat berjumlah 373 anak.

Dirinya menambahkan, Pemkab Lahat melalui Dinas PRKPP telah melakukan program bedah rumah dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2023 sebanyak 1455 unit yang bersumber dari dana APBD, APBN dan CSR.

“Saya berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan juga berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan masyaraka,” pungkasnya. (Agusman)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.