oleh

Warga Lampung Barat Hebat, Menerima Pemakaman Jenazah Corona

Lampung Barat, Warta9.com – Menjelang adzan Magrib, proses pemakaman jenazah Syt, pasien terkonfirmasi positif corona virus disaese 2019 (Covid-19) di Kelurahan Sekincau, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dilaksanakan. Pemakaman dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dari organisasi kesehatan dunia atau world health organization (WHO).

Iring-iringan kendaraan pembawa jenazah positif korona, warga Kelurahan Sekincau, Lampung Barat, tiba di lokasi TPU Dusun Srigaluh, Sabtu (4/4/2020), sekitar pukul 17:50 menjelang waktu Magrib. Saat adzan Magrib pemakaman sedang berlangsung.

Berdasarkan pantauan proses pemakaman dilaksanakan langsung oleh tim petugas  penanganan korban wabah Covid-19 Provinsi Lampung. Keluarga dan warga bisa menyaksikan dari jauh. Warga Sekincau Lampung Barat dinilai hebat, bisa menerima bahkan membantu proses pemakaman jenazah Covid-19. Masyarakat pun rela bergotongroyong menggali menyiapkan lubang makam jenazah.

Camat Sekincau Lambar Agus Setiawan mengatakan sudah memberitahukan kepada keluarga atau masyarakat untuk tidak ikut dalam proses pemakaman pasien tersebut. “Pemakaman menggunakan protap pemerintah. Semua pemerintah yang melaksanakan pemakaman. Tidak boleh ada masyarakat,” kata Agus.

Bahkan, dia mengatakan ada petugas khusus yang akan memakamkan jenazah pasien yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Kadiskes Paijo didampingi sejumlah petugas juga memediasi kepihak keluarga untuk memberikan imbauan supaya tetap kuat dan tidak panik atas musibah ini dan tetap mengikuti aturan pemerintah.

Di sisi lain Kepala Pekon Sekincau Juarsyah, mengaku suasana di rumah duka terlihat sepi karena pihak keluarga juga sedang melakukan isolasi mandiri. “Untuk masyarakat yang ingin memberikan bantuan kepada pihak keluarga atas musibah ini disarankan agar dikumpulkan di rumah kepala pemangkunya,” kata Juarsyah. (W9-tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed