Bumdes Sidapurna Jaya Bangun Ekonomi Kerakyatan

Tegal, Warta9.com Dalam meningkatkan produktifitas masyarakat dimasa pandemi, Kecamatan Dukuhturi dan Desa Sidapurna membuat suatu program pemberdayaan ekonomi masyarakat menuju Sidapurna sejahtera.

Hal tersebut terungkap dalam talkshow “Bincang Kreatif” yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo yang disiarkan secara live di Radio Slawi FM dan kanal Youtube pemkab Tegal, Selasa (28/07/2020).

Camat Dukuhturi, Muktarom, S.IP menjelaskan di kecamatannya tetap aktif memberikan pelayanan public tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memasang banner dan mensosialisasikan kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi.

Dijelaskan, bahwa pihaknya menolak memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan saat mengajukan pelayanan.

Saat pelayanan bansos dimasa pandemi diadakan monitoring dengan membuat tim satgas gugus covid-19 untuk memantau penyaluran bansos agar tetap berjalan kondusif sesuai dengan protokol kesehatan.

Kepala Desa Sidapurna, Drs. H. Faizin, B.Sc mengungkapkan, meskipun sebagian besar masyarakatnya merantau, desa harus tetap produktif dalam memunculkan ide kreatif dari produksi bawang dan sayur-sayuran sebagai Bumdes yang diberi nama Sidapurna Jaya.

Hasil Bumdes diantaranya yaitu, Lombok Endes (Enak Pedes), Makaroni Kletik, Bawang Goreng Krenyes, Kripik Bayam, Jagung Manis, dan lain-lain.

“Desa Sidapurna memiliki luas 215 hektar dengan area persawahan yang lebih luas dari area perkampungan. Adapun hasil tani berupa bawang merah, jagung, cabai dan padi,” ungkap Faizin.

Faizin mengungkapkan, bawang hasil dari Sidapurna merupakan bawang istimewa dengan keunggulan bibit yang banyak diburu oleh masyarakat dari luar daerah Kabupaten Tegal.

“Istimewa karena bibit bawang bisa ditanam ditanah mana saja dan yang lebih utama, hasil panen lebih tahan lama” jelas Kades.

Bumdes Sidapurna Jaya didirikan pada tanggal 8 Juni 2019, berdasarkan atas visi dan misi bertujuan untuk mensejahterakan Desa Sidapurna.

“Usaha-usaha yang dilakukan meliputi usaha bidang pertanian, peternakan, jasa persewaan dan lainya. Pertama dilaunchingkan yaitu unit pertanian agar warga dapat mengolah hasil tani mereka,” tambahnya

Sementara itu Ketua Karang Taruna dan BPD Sidapurna, Wihartono mengatakan, pihaknya juga turut membangun program Sidapurna Sejahtera sejak tahun 2019 hingga sekarang.

Dalam programnya dibuat Sidapurna Expo dengan tujuan membantu pemuda Sidapurna dalam memamerkan produk yang mereka miliki dan Bazaar sembako murah.

Selain program tersebut, karang taruna juga bekerja sama dengan Bumdes dalam percobaan pengambilan hasil panen dari petani untuk meluncurkan produk beras premium dari hasil petani masyarakat Sidapurna. (W9-Sho)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Satu Respon

  1. author
    Penulis

    Admin2 minggu ago

    Tes

    Balas

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.