oleh

Walikota Metro Pantau Vaksinasi Ibu Hamil

Metro, Warta9.com – Walikota Metro dr. H. Wahdi Siradjuddi mengatakan, pelaksanaan Gebyar Peduli Ibu hamil dan Ibu nifas, sehingga dilakukan pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi Ibu hamil, hal ini dengan mempertimbangkan semakin tingginya jumlah Bumil yang terinfeksi Covid-19 dan tingginya resiko.

“Kegiatan ini untuk mengurangi penyebaran Covid-19 yang akan berdampak pada kehamilan dan bayi,” kata Wahdi saat memantau berlangsung vaksinasi ibu hamil di Puskesmas Banjarsari, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro, Lampung, Rabu (25/08/2021).

Upaya pemberian vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil ini juga telah di rekomendasikan Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional atau ITAGI, berdasrakan data pengurus pusat POGI dari April 2020-2021 menunjukan 536 bumil terkonfirmasi Covid-19.

“Terdapat 51,9 % bumil yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukan gejala dan 72% infeksi terjadi pada kehamilan diatas 37 minggu, jadi 4,5 % membutuhkan perawatan insentif (ICU) dan sebesar 3 % angka kematian, untuk di Kota Metro terdapat 23 ibu hamil yang terkonfirmasi,” paparnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, terkait penerima vaksin di Kota Metro pada dosis pertama sebanyak 28.087orang dan sejumlah 5.811 orang telah mendapatkan dosis lengkap.

“Sejak Juli 2021 dimulai vaksinasi tahap 3 bagi masyarakat kelompok rentan dan masyarakat lainnya seperti vaksinasi bagi anak usia 12 – 17 tahun sebanyak 600 anak telah mendapatkan dosis lengkap,” urai dia.

Bahkan Gebyar Peduli Ibu Hamil dan Ibu Bersalin dimasa pandemi Covid-19, merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen di Kota Metro dalam menjamin pemenuhan hak dalam mendapatkan pelayanan Kesehatan sesuai dengan kebutuhan.

“Dalam pencanangan vaksin, dilakukan pemberian santunan berupa pemberian sembako bagi bumil dan ibu menyusui yang berada di wilayah Kota Metro sejumlah 12 orang yang terpapar dan dalam masa isolasi,” sebutnya. (W9-Dir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed