oleh

DPRD Kota Metro Apresiasi Antusias Masyarakat Hadiri Musrenbang

Metro, Warta9.com – Wakil Ketua DPRD Kota Metro mengapresiasi partisipasi masyarakat yang antusias menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di sejumlah Kelurahan yang digelar Pemerintah Kota setempat.

Wanita yang pernah menjadi Ketua DPRD Kota periode 2014 -2019 itu juga hadir memenuhi undangan sebagai tokoh masyarakat dan Wakil Rakyat dari daerah pemilihan. Dimana dirinya duduk sebagai Anggota Dewan di Kelurahan Ganjar Agung Kecamatan Metro Barat yang dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan, Ridwan.

“Musrenbang ini adalah sarana menyerap aspirasi apa yang menjadi keinginan masyarakat dalam pembangunan tahun 2021 mendatang, sebagai Wakil Rakyat saya sangat mendukung kegiatan ini dan menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang hadir danbmenyampaikan paparan usulan sejumlah program yang akan dilaksanakan, harapan saya Pemerintah Kota Metro bisa benar-benar mewujudkan aspirasi masyarakat,” katanya, Jum’at (24/1/2020).

Sementara itu Asisten 1 Ridhwan menyampaikan bahwa terdapat 4 ruang untuk merealisasikan usulan masyarakat. Pertama, usulan akan dimasukkan dalam APBD Provinsi jika menjadi kewenangan Provinsi. Kedua, usulan akan dimasukkan dalam APBN melalui aplikasi SELARAS jika usulan merupakan kewenangan Pemerintah Pusat. Ketiga, usulan akan dimasukkan dalam DAK Fisik dalam aplikasi KRISNA jika usulan merupakan prioritas dalam RKPD Kota Metro.

“Tiga ruang pertama, usulan akan dipilah kembali oleh Pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi dengan melihat urgensi dan sinergitas kebijakan pusat dan daerah. Dan untuk ruang terakhir, yaitu melalui APBD Kota Metro akan dipilah kembali setelah Dinas terkait melakukan cek fisik ke lapangan dan mempertimbangkan kapasitas keuangan daerah,” tutur Ridhwan.

Ridhwan menyampaikan perubahan kebijakan dan regulasi di tingkat pusat sifatnya sangat dinamis. Sesuai dengan Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 230, dana Kelurahan didefinisikan sebagai seluruh kegiatan yang dianggarkan dalam APBD, untuk pembangunan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan yang dimasukkan dalam anggaran kecamatan.

Ditempat yang sama Lurah Ganjar Agung mengungkapkan tujuan dari Musrenbang ini agar semua kegiatan atau rencana yang akan dilakukan kelurahan dapat berjalan secara transparan, dan lebih tersusun dengan rapi. “Kelurahan Ganjar Agung memiliki jumlah penduduk sebanyak 6904 jiwa, dan Luas wilayah selebar 288 km, tuturnya.

Prioritas pada tahun 2021 mendatang sesuai pra Musrenbang adalah pembangunan jalan lingkungan di Gg Sentot RT 33, Rw 11, Kelurahan Ganjar Agung, hal ini dilakukan karena jalan tersebut merupakan jalan tanah, dan rencananya jalan ini akan di paving.

“Kami berharap, jalan ini dapat dibangun dengan kebijakan pemerintah pada tahun anggaran 2021,” ucapnya. (W9-joko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed