Abdul Hamid Wakil Ketua STIT Pringsewu Raih Predikat Doktor Sangat Memuaskan

Bandarlampung, Warta9.com – Wakil Ketua III Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pringsewu Abdul Hamid, M.Pd.I, dinyatakan lulus ujian promosi doktor dengan predikat sangat memuaskan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Sabtu (15/9/2018).

“Setelah mempertimbangkan hasil ujian saudara Abdul Hamid dengan nomor pokok mahasiswa 1403020037, maka kami nyatakan saudara lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi doktor ke-45 yang pernah dicetak Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,” kata Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung Prof. Dr. H. Muh Mukri, M.Ag, juga sebagai ketua penguji.

Dalam promosi doktor ujian terbuka yang digelar di Kampus Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung Labuhanratu, Abdul Hamid mempresentasikan disertasinya yang berjudul “Manajemen Pembelajaran Tahfiz Alqur’an Pada Pondok Pesantren di Provinsi Lampung”.

Dalam pemaparan sidang disertasinya itu, meneliti soal metode menghafal Al Qur’an 30 juz dengan cepat dalam waktu 12 bulan dengan studi kasusul di tiga pondok pesantren di Lampung yang telah diuji cobakan. Lebih lanjut, pria yang sering disapa Cak Hamid ini menjelaskan, bahwa tiga ponpes tersebut ialah Ponpes YPPTQ MH di Ambarawa Kabupaten Pringsewu, Ponpes Darul Huffadz Gedongtataan Kabupaten Pesawaran dan Ponpes Al Fatah Natar Kabupaten Lampung Selatan.

“Tingginya animo orangtua untuk menitipkan putra-putrinya ke pondok pesantren menimba ilmu agama khusus menghafal Al Qur’an 30 juz yang ada di Provinsi Lampung membuat saya tertarik untuk meniliti dan mendalami tentang manajemen pembelajaran menghafal Al Qur’an bagi pondok pesantren,” kata Hamid.

Pada kesempatan itu, sejumlah pejabat Pringsewu hadir memberi dukungan dalam ujian doktor Abdul Hamid, di antaranya Wakil Bupati Pringsewu Dr. H. Fauzi, SE, M.Kom., Akt, CA, Danramil Pringsewu Kapten Redi Kurniawan, Ketua STIT Pringsewu Dwi Rohmadi Mustofa, M.Pd, serta puluhan orang yang memadati ruang sidang di lantai dua UIN Raden Intan Lampung tersebut.

Wakil Bupati Pringsewu Dr. H Fauzi, yang juga pemilik STIT Pringsewu mengucapkan selamat kepada Abdul Hamid, beserta keluarga yang turut hadir atas pencapaian hingga ke tahap Ujian Promosi Doktor. “Pencapaian Pak Hamid merupakan hal yang patut dibanggakan dan disyukuri, semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat khususnya bagi kampus STIT Pringsewu,” katanya.

Hamid sendiri merasa sangat bangga atas pencapaiannya yang berhasil meraih gelar doktor. Setelah menerima ijazah kelulusan, dia berharap disertasinya tak hanya sebatas kajian akademik saja, melainkan juga dapat diaplikasikan dan dipatenkan sebagai rujukan bagi pondok pesantren yang ada di Indonesia khususnya Provinsi Lampung. (W9-jam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.