Hanan Rozak Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Mesuji

Anggota DPR-MPR RI Hanan A Rozak melakukan sosialisasi empat Pilar MPR RI di Kabupaten Mesuji. (foto : ist)

Mesuji, Warta9.com – Anggota DPR RI juga anggota MPR RI Fraksi Partai Golkar Daerah Pemilihan Lampung Dua, Ir. H. Hanan A Rozak, MS, melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Kecamatan Way Serdang dan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung Kamis (11/2/2021).

Dalam pemaparannya, Hanan Rozak mengatakan latar belakang pentingnya sosialisasi Empat Pilar MPR RI. “Indonesia adalah negara besar, yang memiliki wilayah luas dan majemuk. Untuk itu, diperlukan suatu konsepsi, kemauan dan kemampuan yang kuat untuk menopang kebesaran, keluasan dan keberagaman Indonesia,” katanya.

Hanan menjelaskan masing-masing pilar MPR, dimulai dari Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Semboyan Negara Bhineka Tunggal Ika.

Pertemuan dihadiri Aparatur Pemerintah Kabupaten Mesuji, Perangkat Desa, Kontak Tani dan Tokoh Masyarakat di dua kecamatan, yaitu Way Serdang dan Simpang Pematang.

Pemerintah Kabupaten Mesuji yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang, Pemerintahan, dan Hukum, Huminsar Lubis dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi terhadap Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dalam menjaga keutuhan, kedaulatan NKRI dan menanamkan nilai-nilai cinta tanah air dan toleransi.

Dia mengatakan, melalui sosialisasi ini diharapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia yang sedang menghadapi tantangan pergeseran atau perubahan signifikan dari berbagai sendi kehidupan. Semua itu harus ditanggapi dan diselesaikan, sehingga pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara tetap dalam koridor dalam mencapai tujuan negara.

Dalam diskusi, Kyai Syarif Husin, pengasuh Pondok Pesantren dan pengurus MUI Mesuji menyampaikan keprihatinan atas adanya sikap intoleransi. Gerakan separatisme dan keinginan sekelompok orang yang ingin mengganti Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara dengan ideologi lain. “Saya miris mendengar disalah satu kabupaten di Lampung ada yang ditangkap karena terlibat aksi terorisme,” katanya

Dia juga mengusulkan agar MPR RI meningkatkan peran Pondok Pesantren maupun lembaga pendidikan informal lainnya untuk mempercepat dan mensosialisasikan Empat Pilar MPR dan Ketetapannya.

“Buku Paket Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan Ketetapannya ini dapat diberikan dan disalurkan melalui pondok pesantren, dan sekolah informal lainnya untuk diperkenalkan kepada masyarakat bahkan sejak usia dini”, usulnya.

Diakhir Sosialisasi, Hanan Rozak mengingatkan agar setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan, bahwa keempat nilai-nilai tersebut memandu tercapainya perikehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. (W9-jam).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.