oleh

Hearing Temui Jalan Buntu, Dinsos Enggan Buka Data Bansos Berlogo BMW

Menggala, Warta9.com – Komisi IV DPRD Kabupaten Tulang Bawang dibuat tak berdaya oleh Dinas Sosial setempat saat hearing. Pasalnya, hearing yang digelar untuk meminta penjelasan rincian data penyaluran bantuan sosial Covid-19 berlogo BMW Bupati Tulang Bawang itu menemui jalan buntu.

Dimana Dinas Sosial Pemkab Tulang Bawang enggan membuka rincian data penyaluran bansos sebesar Rp4 miliar yang diminta legislatif. Rapat berlangsung di diruang rapat DPRD Menggala, Kamis (2/7/2020).

Ketua Komisi IV DPRD Tulang Bawag Hi. Morismas menyesalkan sikap Dinsos yang enggan transparan terkait penyaluran bansos berlogo BMW Bupati Tulang Bawang Winarti.

Terlebih bantuan sebesar Rp4 miliar lebih itu dinilai ada kejanggalan hingga mendapat sorotan dari berbagai pihak.

Ketidak sediaan Dinsos memberikan data bansos tersebut, menurut Horismas, karena belum mendapat ijin dari pimpinan yakni Bupati Tulang Bawang Winarti.

Dia menilai sikap Dinsos enggan transparan itu menunjukan ada ketidak beresan dalam pengadaan Bansos yang disalurkan melaui PT. Mubarokah Jaya Makmur (MJM) selaku pihak ketiga.

“Ini sangat disesalkan, masak memberikan data harus ijin pimpinan dulu. Agak ganjil. Ada apa dengan penyaluran Bansos itu? Kita (DPRD) wajar tau, karena ini menjadi polemik di masyarakat. Kalau masyarakat bertanya, kami mau jawab apa sebagai wakil rakyat,” sesalnya.

Pada kesempatan sama Sekretaris Komisi IV DPRD, Mika Santoso menilai penyaluran Bansos berlogo BMW itu patut dipertanyakan. Pasalnya menurut dia program bantuan sosial untuk masyarakat terdampak pamdemi Covid 19 itu diluar 25 program visi dan misi bupati.

“Harusnya logo Gapoktan, bukan BMW yang terkesan program bupati. Karena program BMW ini hanya masa periode Winarti. Kalau logo Gapoktan bisa untuk jangka panjang,” ujarnya.

Hal senada disampaikan anggota Komisi IV Agus Maramis. Menurut dia seharusnya Dinsos transparansi terkait uang rakyat yang digunakan untuk pengadaan paket sembako tersebut.

Semestinya Dinsos tidak perlu menutup-nutupi dana yang digunakan agar masyarakat Tulang Bawang mengetahuinya.

banner 728x90

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed