Pimpinan PT. Winners Sampaikan Persoalan Pembangunan Pabrik ke Bupati Tegal

Tegal, Warta9.com – Chairman atau pimpinan PT. Winners Young Jin Kim kembali menemui Bupati Tegal Umi Azizah Rabu (25/9/2019). Kim yang datang ditemani oleh tiga rekannya ini, membahas tentang perkembangan serta kendala pembangunan PT. Winners yang berada di Desa Margaayu Kecamatan Margasari.

Karena belum fasih berbahasa Indonesia, Kim dibantu oleh rekannya yaitu Direktur PT. Winners Shim Won Take untuk bercerita kepada Bupati Tegal atas kendala yang dihadapi. Shim mengatakan bahwa terdapat salah satu warga Desa Margaayu yang meminta kompensasi kepada PT. Winners terkait tanah garapan yang berada di depan pabrik.

“Warga desa itu mengakui bahwa dulunya tanah tersebut adalah milik dia. Tetapi ketika pihak Winners meminta bukti atas garapan tanah tersebut atau hak pakai, warga tidak dapat menunjukkannya. Ia hanya menunjukan bukti pembayaran atau retribusi setiap tahun atas tanah garapannya dahulu,” terang Shim.

Padahal, menurut Shim PT. Winners sudah mengantongi izin terkait pemanfaatan lahan tersebut dari Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA). Untuk menyelesaikan persoalan itu, pihak PT. Winners menyerahkan seutuhnya kepada PSDA karena tanah tersebut tidak dimiliki oleh PT. Winners secara permanen. “Saya menyarankan kepada warga tersebut untuk langsung berkoordinasi dengan pemilik lahan, yaitu PSDA,” katanya.

Terkait perkembangan tenaga yang dibutuhkan, Shim menyampaikan sudah ada 1.900 orang yang mendaftar sebagai karyawan PT. Winners. Seperti yang diketahui bahwa PT. Winners membutuhkan 11.000 tenaga kerja, untuk itu Shim meminta bantuan kepada Pemkab Tegal supaya dapat menyebarluaskan informasi tersebut demi memenuhi kebutuhan tenaga kerja.

Melihat hal ini, Bupati Tegal Umi Azizah menghimbau kepada PT. Winners untuk selalu berkoordinasi dan selalu menyampaikan perkembangan pabrik kepada dirinya. Tak terkecuali, jika mendapati oknum yang berusaha menghambat jalannya investasi. “Sekecil apapun masalah yang dihadapi sampaikan langsung ke saya. Seperti masalah yang terjadi sekarang ini, kita harus berikan pemahaman dan menyampaikannya secara baik-baik,” tegas Umi.

Upaya memenuhi tenaga kerja PT. Winners, Umi menitip pesan kepada PT. Winners untuk menggencarkan lowongan pekerjaan melalui media sosial. Disamping itu, Pemkab juga akan membantu menyebarluaskan informasi lowongan pekerjaan tersebut melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Tegal. (W9-so)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.